Resep Klepon Isi Gula Merah Manis dan Lezat

0(0)
Fimela Reporter27 Nov 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 10:45 WIB
klepon`

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Jajanan tradisional berbentuk bulat warna hijau dengan isian gula merah dan parutan kelapa di atasnya banyak jadi favorit orang Indonesia. Klepon sangat mudah kita temui di pasar-pasar atau penjual jajanan tradisional di pinggir jalan. 

Buat kamu yang suka makan jajan yang satu ini bisa banget mulai coba buat sendiri di rumah. Caranya mudah dan tidak membutuhkan bahan yang ribet. Selain bikin camilan bisa juga kamu buat klepon ini jadi ide jualan kamu. 

Yuk intip resepnya!

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • Pasta pandan secukupnya
  • Air secukupnya
  • 80 gram gula merah
  • 100 gram kelapa muda parut
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Memasak
Ilustrasi memasak (Credit: shutterstock.com/ polkadot_photo)
  1. Campurkan tepung ketan dan tepung beras, tambahkan sejumput garam untuk memberi rasa gurih sedikit. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis. 
  2. Ambil adonan sedikit dan pipihkan, lalu isi dengan parutan gula merah, terakhir bentuk bulat-bulat. Pastikan tidak ada gula merah yang bocor.
  3. Didihkan air dan tambahkan minyak goreng agar klepon tidak saling menempel nantinya. Kemudian masukkan klepon ke air yang mendidih dan tunggu hingga matang mengembang.
  4. Di panci yang terpisah, panaskan kukusan. Campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam lalu kukus. Ini dilakukan agar kelapa tidak cepat basi.
  5. Setelah semuanya matang dan agak dingin bisa ditata di atas piring.

Klepon pun sudah siap dinikmati! Hati-hati ketika mengkomsui saat klepon masih mengepul, isian gula merah di dalamnya akan sangat panas dan membuat lidah berasa melepuh. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela