Sukses

Food

Resep Simpel Onde-Onde Lembut dan Kopong

0(0)

Waktu Pembuatan60 Menit
Jumlah Porsi1 Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Rasanya jika kita bicara tentang jajanan pasar maka onde-onde tidak boleh dilewatkan. Bentuknya bulat-bulat dan dibalur dengan wijen putih sangat mudah dikenali. Ditambah lagi dengan isian yang bisa kita buat sesuai dengan keinginan kita. Ada yang diisi dengan kacang hijau ada juga yang kacang merah. Biasanya yang sering kita temui di pasar-pasar atau di pinggir jalan adalah onde-onde dengan isian kacang hijau. 

Meski terlihat sulit pembuatannya, sebenarnya onde-onde gampang cara bikinnya dan bahan-bahannya bisa dengan mudah kamu cari. Hanya butuh kesabaran untuk membuatnya sebab membutuhkan waktu yang lumayan lama. 

Penasaran bagaimana cara membuat onde-onde yang lembut dan kopong? Yuk simak cara pembuatannya!

Bahan Kulit Onde-Onde:

  • 135 gr tepung beras ketan
  • 40 gr kentang kukus
  • 40 gr gula pasir
  • 95 gr air hangat
  • 5 gr minyak
  • Wijen putih untuk baluran

Bahan Isian Kacang Hijau:

  • 125 gr kacang hijau kupas
  • 45 gr gula pasir
  • 70 gr air
  • 60 gr santan
  • 2 jumput garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat

  1. Rendam kacang hijau kupas selama kurang lebih 3 jam sebelum dimasak. 
  2. Kemudian kukus kacang hijau selama 30 menit.
  3. Setelah matang taruh kacang hijau di dalam blender dan campurkan dengan semua bahan isian kecuali daun pandan. Lalu blender sampai benar-benar halus.
  4. Masak isian yang sudah halus di atas api kecil, tambahkan juga daun pandan untuk memperkuat aroma. Masak hingga mengental dan tidak lengket lagi di teflon/wajan. Setelah itu tutup dengan serbet bersih atau plastic wrap dan diamkan sampai dingin.
  5. Haluskan kentang yang sudah dikukus/direbus, lalu tambahkan tepung ketan, gula pasir, dan minyak. Aduk sampai tercampur. Lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sampai meraih konsistensi adonan yang pas, tidak lembek juga tidak padat. Tutup dengan serbet bersih atau plastic wrap dan diamkan sampai agak dingin dan tidak panas saat dibentuk.
  6. Bulatkan isian kacang hijau yang sudah dingin. Setelah itu ambil sedikit demi sedikit bagian adonan kulit onde-onde dan pipihkan, lalu tambahkan bulatan isian dan tutup dengan membulat-bulatkan seperti bola. 
  7. Balur dengan wijen dan bulat-bulatkan lagi perlahan agar wijen benar-benar menempel dan tidak banyak lepas saat digoreng. 
  8. Goreng dengan minyak kecil dan tunggu sampai onde-onde mengembang dan berwarna kecoklatan.

Onde-onde siap ditiriskan. Teksturnya lembut tapi chewy dengan isian kacang hijau yang manis gurih sangat pas untuk disantap saat bersama keluarga. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading