Sukses

Food

Tips Masak Kacang Hijau Agar Tidak Pecah Tapi Empuk

Fimela.com, Jakarta Bubur kacang hijau menjadi salah satu menu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Bubur kacang hijau juga kaya akan nutrisi. Makanan ini bahkan dipercaya sebagai salah satu super food untuk anak-anak. 

Membuat bubur kacang hijau, sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah di rumah. Mau bubur kacang hijau dengan kacang yang merekah dan lumer di mulut, atau kacang yang masih utuh atau tidak pecah, itu semua bisa kita lakukan. Berikut ada cara yang bisa kita lakukan untuk memasak kacang hijau agar tetap utuh dan tidak pecah namun empuk. Simak baik-baik ya.

Rendam Kacang Hijau

Sebelum dimasak atau direbus, kacang hijau sebaiknya direndam. Agar kacang hijau lebih mudah matang dan empuk saat dimasak, rendam kacang hijau selama kurang lebih semalam. Ini akan menghasilkan kacang yang mudah empuk saat dimasak.

Rebus Saat Air Sudah Mendidih

Rebus atau masukkan kacang hijau ke dalam panci ketika air sudah mendidih. Kacang yang dimasak di air suhu tinggi, akan lebih mudah matang dan empuk. Ini juga memungkinkan kacang hijau tetap utuh alias tidak merekah. 

Tambahkan Gula

Sesekali cek apakah kacang hijau yang direbus sudah empuk atau belum. Jika sudah, segera masukkan gula sebelum kacang merekah. Kacang hijau yang dimasak bersama gula akan tetap utuh atau tidak pecah. Sebaiknya segera masukkan gula pasir atau gula merah ke dalam rebusan kacang hijau yang sudah empuk namun belum pecah.

Masak dengan Api Kecil yang Lama

Setelah gula ditambahkan ke dalam rebusan kacang hijau, sebaiknya rebus kembali dengan api kecil dan waktu lama. Tutup panci agar air rebusan tidak asat atau kering. Cara ini akan membuat kacang hijau lebih empuk dan manisnya gula meresap ke dalam kacang.

Tambahkan Santan Saat Kacang Hijau Matang

Tambahkan santan kelapa atau susu saat bubur kacang hijau matang dan manisnya gula meresap ke dalam kacang. Masak lagi hingga mendidih kemudian angkat dan sajikan. 

Tips yang cukup mudah bukan? Sebagai catatan, hindari memasukkan gula ke dalam rebusan kacang jika kacang masih kering atau keras. Meski kamu memasak kacang hijau dengan waktu sangat lama bersama gula, kacang hijau akan tetap keras. SSemoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading