Sukses

Food

Apa Manfaat Minuman Wedang Jahe Untuk Tubuh? Simak di Sini

Fimela.com, Jakarta Wedang jahe adalah salah satu minuman khas Indonesia yang sangat digemari, apalagi di cuaca dingin. Wedang jahe bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan, bahkan dijadikan obat ketika masuk angin. Rasa jahenya yang agak pedas ampuh dalam menghangatkan tubuh di tengah cuaca yang dingin.

Jahe sendiri tidak hanya diolah menjadi minuman saja. Jahe juga bisa dijadikan bumbu yang menyedapkan berbagai jenis masakan. Selain menjadi bumbu penyedap dalam masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat wedang jahe untuk kesehatan selain untuk menghangatkan tubuh? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Wedang Jahe Untuk Tubuh

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Seperti yang diketahui, rempah-rempah utama yang digunakan dalam minuman ini adalah jahe. Jahe memiliki kandungan gingerol yang mampu melancarkan sirkulasi darah.

Gingerol juga bersifat antikoagulan atau dapat dikatakan sebagai kandungan yang berfungsi untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi wedang jahe secara rutin mampu meredakan rasa tidak nyaman dari perut kembung.

Rasa hangat yang timbul setelah mengonsumsi minuman tersebut juga mampu mengatasi nyeri dari sembelit dan membantu melancarkan kembali pencernaan.

3. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala bisa timbul akibat berbagai hal, dari perubahan cuaca hingga suhu ruangan yang mendadak dingin juga bisa menimbulkan migrain atau sakit kepala sebelah.

Wedang jahe dapat direkomendasikan untuk meredakan sakit kepala tersebut. Sensasi hangat dari minuman herbal ini akan membantu badan semakin rileks dan nyaman.

4. Obat Batuk dan Demam

Kamu pernah batuk cukup lama hingga tenggorokan terasa sakit dan tidak kunjung reda? Kamu bisa mencoba wedang jahe, sebab minuman ini sering menjadi pengobatan alternatif untuk meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan akibat batuk berkepanjangan.

Selain itu, bila kamu merasa menggigil hingga demam, kamu bisa mengonsumsi olahan rempah-rempah tradisional ini untuk untuk mengurangi gejala.

 

Manfaat Wedang Jahe

5. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Bila kamu merasa sembelit karena proses metabolisme tubuh yang tidak lancar, kamu bisa mencoba mengonsumsi olahan jahe satu ini.

Jahe dapat melancarkan metabolisme tubuh dan mengatasi masalah sembelit berkepanjangan bila dikonsumsi secara rutin dan sesuai takaran harian.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Wedang jahe yang dapat memperlancar proses metabolisme tubuh ternyata juga mampu membantu tubuh untuk membakar kalori secara optimal.

Bila kamu sedang berada dalam program diet, kamu bisa menjadikan olahan jahe satu ini sebagai menu harian kamu.

7. Mengobati Nyeri Sakit Gigi

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengobati nyeri akibat sakit gigi secara efektif. dengan mengonsumsi wedang jahe secara teratur juga mampu mencegah gangguan kesehatan mulut, seperti pembengkakan gusi.

Banyak ya manfaat wedang jahe untuk kesehatan tubuh. Yuk mulai minum wedang jahe secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading