5 Cara Membuat Sambal Makin Pedas dan Nikmat

Mimi Rohmitriasih27 Nov 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 14:45 WIB
sambal bawang

Fimela.com, Jakarta Sambal menjadi salah satu makanan yang tak lepas dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Makan tanpa sambal rasanya kurang nendang. Bagi beberapa orang, makan sambal dengan cita rasa pedas memberikan kenikmatan tersendiri. Rasa pedas pada sambal juga sering kali meningkatkan nafsu makan. 

Kira-kira, seperti apa cara membuat sambal yang pedas? Apakah kita memerlukan cabai yang banyak untuk membuat sambal ini? Bagaimana dengan cabai yang sedikit namun kita ingin dapatkan cita rasa sambal yang lebih pedas? Untuk membuat sambal yang lebih pedas, Fimela kali ini memiliki caranya. Yuk, simak baik-baik dan jangan lupa untuk mencobanya di rumah.

Gunakan Bahan yang Masih Segar

makanan-kezo
ilustrasi cabai/Calum Lewis/unsplash

Pedas tidaknya sambal, enak tidaknya sambal, itu tergantung pada bahan. Jika kamu ingin membuat sambal yang pedas tapi enak, pastikan menggunakan bahan sambal yang masih segar. Gunakan cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat yang masih segar.

Ulek Sambal

cobek sambal
ilustrasi sambal cobek/copyright by Ariyani Tedjo from Shutterstock

Sambal akan terasa lebih pedas dan nikmat jika kamu menghaluskannya dengan cara diulek. Sambal yang diulek juga akan memiliki cita rasa serta tekstur yang lebih menggugah selera. Ini berbeda dengan sambal yang dihaluskan dengan cara diblender. 

Jangan Buang Biji Cabai

makanan-kezo
ilustrasi cabai/Natalia Labzin/pexels

Sambal akan terasa makin pedas kita kamu tidak membuang biji cabai. Mungkin kehadiran biji cabai cukup bikin risih dan tidak nyaman. Namun jangan salah, kunci pedas tidaknya sambal ada di dalam biji cabai. Selain hindari membuang biji cabai, pemilihan jenis cabai juga harus diperhatikan. Cabai rawit lebih cocok untukmu yang ingin sambal dengan kepedasan maksimal. 

Tambahkan Gula Merah

Gula Merah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Alih-alih menambahkan gula putih, untukmu yang ingin sambal super pedas, tambahkan gula merah sebagai bumbu. Gula merah bersifat lebih mengikat rasa pedas sambal. Gula merah juga akan membuat cita rasa sambal makin enak meski tanpa penyedap masakan atau kaldu bubuk tambahan lain di dalamnya. 

Ulek Mentah

cobek bumbu
ilustrasi cobek ulekan/copyright by Kerdkanno from Shutterstock

Cobalah untuk mengulek mentah sambal. Ini akan membuat sambal terasa makin pedas dan nendang. Jika kamu tak suka sambal mentah, setelah sambal diulek kamu bisa menumis atau menyiramnya dengan minyak panas hingga matang. 

Itulah beberapa cara sederhana agar sambal makin pedas dan nikmat. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela