Sukses

Food

5 Rahasia Membuat Kue untuk Hasil Sempurna ala Chef

Fimela.com, Jakarta Membuat kue memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tergantung pada jenis kuenya. Selain bahan yang beragam, proses mengolah yang butuh ketelitian dan keahlian menjadi kesulitan tersendiri bagi banyak orang. Mulai dari adonan yang menempel di loyang, kue gosong, tekstur tidak lembut dan kendala lainnya membuat proses mengadon kue menjadi melelahkan dan menyebalkan. 

Tak perlu pusing, ada trik tertentu yang dilakukan pastry chef dalam membuat kue. Baik pemula atau profesional, simak rahasia membuat kue berikut ini yang dilansir dari Eat This, Not That.

1. Bekukan Kue Sebelum Dihias

Terdapat trik khusus yang perlu dilakukan sebelum menghias kue. Bukan hanya memerlukan keahlian dan rencana bentuk dekorasi, namun keadaan kue juga perlu diperhitungkan. Salah satu kesalahan fatal saat menghias kue adalah menghiasnya dalam keadaan panas. Kue yang panas akan membuat krim untuk dekorasimu meleleh dan tidak akan menempel dengan baik. Penting untuk mendinginkan kue terlebih dahulu dalam kulkas sesaat setelah dikeluarkan dari oven. Kue yang beku akan lebih mudah di dekorasi.

2. Campur Mentega Bersama Tepung

Banyak resep yang menuliskan langkah membuat kue dengan mencampurkan mentega dengan gula terlebih dahulu sebelum menggabungnya dengan bahan adonan lain. Langkah ini tidak tepat karena akan membuat pengembangan gluten menurun. Cara terbaik adalah dengan mencampur mentega dengan tepung, bukan gula. Proses yang dibalik ini akan membuat kue lebih mengembang dan lembut.

3. Mengganti Mentega dengan Minyak

Mentega adalah bahan penting untuk membuat kue di mana berfungsi untuk membuat kue menjadi lembut, gurih, dan menambahkan cita rasa lain. Namun ternyata mentega dapat diganti dengan minyak. Bagi kue yang tidak membutuhkan mentega untuk menyempurnakan rasa seperti kue cokelat, mentega dapat diganti sepenuhnya dengan minyak dalam takaran yang sama. Trik ini akan membuat kue terasa lebih lembap dalam waktu lama. Cara lainnya kamu dapat mengganti 1/4 takaran mentega dengan minyak untuk membuat kue apapun.

4. Jangan Overmix

Adonan yang tidak tercampur rata dan meninggalkan tepung menggumpal akan menurunkan kualitas rasa kue. Namun, mengaduk adonan secara berlebihan hingga benar-benar halus  juga tidak baik. Adonan yang terlalu halus akan membuat tekstur kue kering, rapuh, dan tidak mengembang seperti tekstur roti.

5. Gunakan Kertas Roti

Banyak resep yang menganjurkan mengoleskan mentega atau semprotan memasak pada loyang sebelum memanggang kue. Cara ini tidak salah, namun terdapat cara yang lebih baik untuk hasil kue sempurna. Mentega akan meleleh saat loyang mulai masuk ke oven yang pada akhirnya hanya akan tercampur pada adonan, bukan melindungi adonan. Hal ini menyebabkan kue lengket dan sulit dikeluarkan dari loyang. Solusi terbaik adalah dengan menggunakan kertas roti. Walaupun sulit untuk memotongnya agar seukuran loyang, namun mencabutnya saat kue sudah matang mampu memberi hasil kue yang mulus tanpa menempel.

Yuk coba trik di atas saat membuat kue untuk hasil yang sempurna.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading