Anti Boros, Ini 5 Tips Makan Hemat ala Anak Kos

Fimela Reporter01 Des 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 18:00 WIB
Makan Hemat Anak Kos

Fimela.com, Jakarta Hidup jauh dari orangtua atau menjadi anak kos merupakan suatu tantangan yang tersendiri bagi sebagian orang. Ini dikarenakan mereka dituntut untuk menjadi lebih mandiri dalam mengatur segala hal, termasuk masalah keuangan. Salah satu hal yang sering masuk ke dalam agenda wajib bagi para anak kos adalah berhemat. Hal ini tergolong "wajib" karena jika tidak dilakukan, maka akan membuat mereka kesulitan ketika akhir bulan tiba.

Cara berhemat bagi anak kos dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup yang diterapkan setiap harinya. Dengan memilih menu makanan yang tidak tergolong mewah, maka anak kos akan aman karena terhindar dari pemborosan. Namun bagaimana sih sebenarnya cara makan hemat ala anak kos yang benar? Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan oleh anak kos jika ingin mulai menerapkan cara makan hemat:

1. Catat Anggaran Belanja

grocery shopping
Ilustrasi anak kos berbelanja dengan anggaran. (unsplash.com/Viki Mohamad)

Menyiapkan daftar belanja sebelum berbelanja merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para anak kos. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran yang membengkak karena melakukan belanja bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari tanpa rencana yang jelas. Selain itu, pastikan melakukan grocery shopping disaat perut tidak dalam keadaan lapar. Makanlah sesuatu sebelum pergi berbelanja, ini dimaksudkan untuk menghindari pembelian impulsif terhadap makanan apapun yang terlihat ketika sedang berbelanja.

2. Masak Sendiri

Membeli makanan atau makan di luar umumnya lebih mahal dibandingkan jika membuat atau memasak makanan sendiri. Jika ingin berhemat, masak sendiri bisa menjadi pilihan yang rutin dilakukan. Hal ini dikarenakan makanan yang di masak sendiri bisa dikonsumsi untuk sarapan hingga makan malam, jika memasaknya dalam porsi besar. Namun, bukan berarti anak kos tidak boleh menikmati makanan yang dibeli dari luar. Hal tersebut sah-sah saja jika tidak dilakukan setiap hari karena bisa menjadi pemborosan.

 

 

3. Vegetarian Diet

Salad
Simak beberapa tips makan hemat ala anak kos. (unsplash.com/Sina Piryae)

Melansir dari fool.com, daging merupakan makanan yang mahal, oleh karena itu melakukan diet vegetarian dapat membantu mengurangi pengeluaran yang disalurkan untuk makanan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung daging di dalamnya beberapa kali dalam seminggu. Mengganti daging dengan makanan berprotein tinggi lainnya dapat menjadi pilihan bagi para anak kos yang ingin berhemat. Selain murah, makanan tersebut juga pastinya sehat dan mengenyangkan.

4. Multi-Purpose Buying (Pembelian Multiguna)

Menerapkan cara yang satu ini bisa sangat membantu anak kos untuk berhemat. Melansir dari moneyhub.co.nz, hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan semua bahan yang dibeli dari grocery shopping untuk membuat berbagai menu masakan. Misalnya, jika membeli satu ekor ayam mentah, maka dapat diolah menjadi berbagai menu makanan seperti memanfaatkan tulangnya untuk membuat sup. Dengan begitu, semua bagian dari satu ekor ayam tersebut tidak akan terbuang sia-sia.

Dengan melakukan multi-purpose buying, ini berarti para anak kos dapat membeli bahan-bahan makanan dalam jumlah yang lebih sedikit namun dapat dimanfaatkan dengan lebih banyak cara dan pastinya lebih menghemat pengeluaran. 

 

 

5. Membawa Bekal Makan Siang

Bekal Makan Siang
Simak beberapa tips makan hemat ala anak kos. (unsplash.com/Qi Bin)

Bagi anak kos yang bekerja ataupun berkuliah, membawa bekal makan siang dapat membantu untuk lebih menghemat pengeluaran. Membeli makan siang di luar seperti di cafe ataupun tempat makan lainnya tentunya memerlukan uang yang lebih banyak, bahkan sebanding dengan pengeluaran untuk makan dari siang hingga malam.

Dengan membawa bekal makan siang ke kampus ataupun ke kantor, pengeluaran pun menjadi lebih sedikit dan tentunya makanan yang dikonsumsi pun lebih sehat dan terjamin kebersihannya karena dibuat sendiri.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓