Cara Membuat Baceman Bawang Putih yang Praktis dan Tahan Lama

0(0)
Mimi Rohmitriasih01 Des 2022, 04:15 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 04:15 WIB
Baceman bawang putih

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Baceman bawang putih menjadi salah satu kunci masakan terasa lebih lezat. Baceman bawang putih bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Biasanya, ini juga digunakan untuk membuat nasi goreng agar lebih praktis. 

Mengenai baceman bawang putih, sebenarnya ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Bumbu masak ini juga sangat ekonomis dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Jadi, kamu tak perlu ribet mengupas bawang putih dan menumisnya setiap kali hendak memasak.

Membuat Baceman Bawang Putih

Bawang Putih
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berikut cara membuat baceman bawang putih yang mudah, praktis dan tahan lama. 

  • Kupas dan bersihkan bawang putih yang hendak dibuat baceman. Jika kamu mencucinya, sebaiknya keringkan dulu sampai tidak tersisa airnya sebelum dibuat baceman. 
  • Tambahkan bahan lain agar baceman bawang putih tahan lebih lama. Bahan lain yang bisa digunakan antaranya minyak kemiri, minyak wijen dan minyak sayur. 
  • Saat menghaluskan bawang putih, pastikan untuk menggunakan peralatan yang kering dan bersih. Peralatan yang basah bisa membuat kualitas baceman menurun bahkan mudah basi. 
  • Tumis bawang putih yang hendak disimpan. Saat menumis ini, usahakan untuk menggunakan api kecil dan tumis hingga bawang putih benar-benar matang atau tanak. 
  • Simpan baceman bawang putih yang telah dihaluskan dan ditumis ke dalam wadah bersih, kering serta tertutup. Tunggu baceman dingin sebelum dimasukkan ke wadah penyimpanan. 
  • Baceman bawang putih bisa disimpan di suhu ruang dan bertahan hingga berhari-hari. Baceman yang disimpan di lemari es akan tahan lebih lama lagi. 
  • Saat mengambil baceman, pastikan sendok untuk mengambil kering. Ini akan membuat kualitas baceman tetap baik dan baceman pun bisa tahan lebih lama. 

Itulah cara mudah membuat baceman bawang putih di rumah. Dengan adanya baceman bawang putih, aktivitas memasak pun akan terasa lebih menyenangkan dan mudah. Aktivitas memasak pun akan terasa lebih cepat. Semloga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela