Cara Menyimpan Tomat Hijau agar Tahan Lebih Lama

Endah Wijayanti30 Nov 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 17:15 WIB
tomat hijau

Fimela.com, Jakarta Tomat hijau memiliki tekstur dan cita rasa yang sangat khas. Hanya saja kadang kalau salah menyimpannya, tomat hijau jadi cepat layu dan berubah warna. Agar bisa jadi stok yang lebih tahan lama, perlu disimpan dengan cara yang tepat.

Selain disimpan begitu saja di dalam kulkas, cara berikut ini bisa jadi alternatif untuk memastikan tomat hijau bisa lebih tahan lama. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Dibekukan dalam Freezer

Tomat hijau yang sudah dicuci bersih, bisa dipotong-potong atau dibelah jadi empat bagian. Kemudian simpan di dalam wadah tertutup. Lalu taruh di dalam freezer. Membekukan tomat hijau bisa membuatnya lebih tahan lama. Ketika akan digunakan, bisa langsung dikeluarkan dan dimasak sesuai selera.

 

 

2. Dibuat Acar

Jenis Tomat
Tomat Hijau / Sumber: Pixabay

Acar tomat hijau bisa lebih tahan lama dan kesegarannya lebih terjaga. Siapkan bawang merah, jeruk nipis, dan irisan cabai secukupnya. Tomat hijau yang sudah diiris tipis bisa langsung dicampur dengan irisan bawang merah dan cabai. Kemudian dikucuri air perasan jeruk nipis. Simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.

3. Jangan Potong Tangkainya

Kalau ingin menyimpannnya langsung di kulkas, sebaiknya tomat hijau jangan dipotong tangkainya. Tomat yang masih bertangkai bisa lebih segar dan tahan lebih lama. Simpan dalam wadah dengan posisi tangkai di bawah agar tomat hijau tidak cepat layu.

Itu tadi tiga cara yang bisa dicoba agar tomat hijau bisa lebih tahan lama. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela