4 Tips Mudah Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Mimi Rohmitriasih01 Des 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 19:45 WIB
daun pepaya

Fimela.com, Jakarta Daun pepaya menjadi salah satu sayuran yang cukup disukai oleh masyarakat. Daun pepaya mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa ahli bahkan percaya jika nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam daun pepaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. 

Meski daun pepaya memiliki cita rasa pahit, daun pepaya selalu bisa diolah menjadi aneka masakan lezat. Ketika kita mengolah daun pepaya dengan tepat, rasa pahit pada daun pepaya akan berkurang. Alhasil, rasa sayur daun pepaya pun akan semakin nikmat. Berikut cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit.

Rendam Dalam Air Garam

resep buntil daun pepaya
Ilustrasi buntil./Copyright shutterstock.com/g/RaniRestuIrianti

Cara pertama agar daun pepaya tidak pahit adalah dengan merendamnya bersama air garam. Selain direndam, kamu juga bisa meremasa-remas daun pepaya dengan garam utuh hingga layu. Peras daun pepaya dan cuci hingga bersih kemudian rebus hingga matang dan empuk. Setelah direbus, kamu bisa mencucinya lagi dan memeras airnya. Cara ini akan membuat daun pepaya tidak lagi pahit. Tapi sayangnya, ini bisa mengurangi nutrisi dalam daun pepaya.

Rebus Bersama Daun Jambu Biji

ilustrasi daun pepaya/RinaOkta/shutterstock
ilustrasi daun pepaya/RinaOkta/shutterstock

Rebus daun pepaya bersama daun jambu biji untuk mengatasi rasa pahitnya. Pilih daun pepaya yang masih muda. Begitu pun dengan daun jambu biji yang hendak direbus bersama.

Rebus Bersama Daun Singkong

resep-kezo
ilustrasi resep camilan enak dan menyehatkan berbahan dasar daun pepaya/Sunhaji/shutterstock

Cara selanjutnya agar daun pepaya tidak pahit yakni merebusnya bersama daun singkong muda. Rebus hingga kedua sayur matang dan empuk. Tambahkan soda kue sedikit saja di dalam air rebusan sayur agar keduanya tetap hijau dan segar.

Rebus dengan Asam Jawa

buntil daun singkong pepaya
ilustrasi buntil/Hanifah Kurniati/Shutterstock

Rasa pahit daun pepaya juga akan berkurang saat kamu merebusnya bersama asam jawa. Gunakan sedikit asam jawa agar daun pepaya tidak menjadi asam. Setelah daun pepaya matang dan empuk, cuci bersih daun pepaya kemudian peras. Seanjutnya kamu bisa memasak daun pepaya sesuai selera. 

Itulah sekian cara untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Setelah daun pepaya direbus dan hendak dimasak, sebaiknya gunakan bumbu dapur yang cukup banyak. Memasak daun pepaya bersama bumbu dapur yang banyak akan membuat cita rasanya makin lezat. Ini juga akan menguragi lagi rasa pahitnya. Semoga tips ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela