Sukses

Food

Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Siapa sih, yang tidak kenal seledri? Sayuran hijau yang satu ini pasti sudah dikenali banyak orang. Bentuknya yang khas dan berbeda dari sayuran lainnya menjadikan sayuran ini mudah dikenali dan dibedakan dari sayuran lain.

Selayaknya sayuran yang lainnya, seledri juga bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan. Seledri bisa dijadikan tambahan dalam sup. Seledri juga tidak jarang dibuat menjadi minuman, seperti dibuat menjadi jus seledri.

Mungkin kamu tidak familiar dengan jus seledri, namun sebenarnya jus seledri punya banyak manfaat lho. Apa saja manfaat jus seledri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Manfaat Jus Seledri?

1. Merawat Ginjal

Konsumsi jus seledri bisa menjadi cara untuk merawat ginjal. Jus seledri diklaim mampu mencegah terjadinya batu ginjal karena kadar air serta kalium menambah hidrasi dalam tubuh dan membantu mendorong keluar toksin dalam ginjal. Hasilnya, proses ini membantu ginjal mendetoks tubuh sekaligus mencegah terjadinya penumpukan dan batu ginjal.

2. Meredakan Asam Urat

Jus seledri memiliki manfaat khusus untuk meredakan asam urat. Sayuran satu ini memiliki senyawa bioaktif yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, seledri juga punya fungsi anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan. Termasuk peradangan akibat asam urat.

3. Merawat Kulit

Jus seledri dan timun memiliki kandungan air yang tinggi hingga mencapai 95 persen. Karena itu, konsumsi jus seledri secara rutin akan bagus dalam meningkatkan hidrasi tubuh dan membuat sel-sel kulit lebih lentur serta lembut. Hidrasi dalam tubuh yang baik juga akan menyehatkan kulit membuatnya tak mudah berjerawat.

Lebih dari sekadar menambah hidrasi, manfaat jus timun dan seledri ini juga mampu membuat kulit glowing berkat kandungan vitamin A, vitamin C, niasin, dan asam folat di dalamnya. Akibatnya, kulit pun ternutrisi dengan baik dan tampak glowing sehat.

4. Mengurangi Peradangan

Rutin mengonsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat berupa pengurangan peradangan dalam tubuh. Peradangan dalam sel-sel tubuh menjadi tinggi risikonya dengan adanya paparan radikal bebas dari lingkungan. Kandungan zat antioksidan, utamanya jenis flavonoid yang tinggi dalam seledri, terbukti mampu melawan dan mencegah terjadinya peradangan dalam sel dan DNA dalam tubuh. Sehingga konsumsi rutin mengonsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat berupa tubuh menjadi lebih optimal dan mudah kembali prima jika sedang kurang fit.

Manfaat Jus Seledri

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Berkat kombinasi kandungan gizi di dalamnya, manfaat jus daun seledri dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antiantioksidan dan cairan alami yang mudah terserap oleh tubuh. Khasiat tersebut telah terbukti melalui penelitian pada tahun 2014 yang menyebutkan bahwa berbagai jenis antioksidan pada seledri bisa memberikan manfaat preventif penyakit, bagi organ jantung, hati, dan ginjal.

6. Mencegah Kanker

Sebuah peneliti menyebutkan bahwa minum jus seledri bisa memberikan manfaat pengobatan yang baik untuk pasien kanker yang melakukan kemoterapi. Hal ini tentu bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh berupa pencegahan terhadap kanker. Ini didukung dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi dan luteolin, senyawa yang menghentikan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kombinasi kandungan zat yang ada pada bagian daun, batang, dan biji seledri, memiliki sifat antihipertensi yang baik untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah. Hal ini kemudian menyebabkan tekanan darah lebih terkontrol dan tubuh menjadi terhindar dari dari tekanan darah tinggi (hipertensi).

Itulah manfaat jus seledri untuk tubuh kita. Kalau kamu belum terbiasa minum jus seledri, cobalah untuk membiasakan diri, karena minuman ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading