Sukses

Food

5 Cara agar Kue Kering Kokoh dan Tidak Melebar saat Dipanggang

Fimela.com, Jakarta Membuat kue kering sendiri di rumah bisa menjadi pengalaman menyenangkan. Menikmati kue kering buatan sendiri pun jadi terasa lebih spesial. Hanya saja kadang membuat kue kering bisa cukup merepotkan.

Salah satu hal yang cukup merepotkan saat membuat kue kering adalah ketika kuenya malah melebar saat dipanggang. Bentuk kue yang tadinya cantik bisa berantakan saat sudah dipanggang. Agar kue kering bisa kokoh dan tidak melebar saat dipanggang, ada sejumlah tips dan cara yang bisa dicoba.

 

 

1. Pakai Mentega atau Margarin Beku

Bila selama ini kita sudah mencoba takaran yang pas tapi hasil kuenya masih melebar, kita bisa coba pakai margarin atau mentega yang sudah lebih dulu disimpan di dalam kulkas sampai beku. Adonan kue bisa lebih stabil dengan penggunaan mentega atau margarin yang padat.

 

 

2. Adonan Diaduk Sampai Asal Rata Saja

Adonan kue kering tak perlu diuleni terlalu lama. Bisa cukup diaduk sampai semua bahan tercampur rata. Aduk adonan pakai spatula dengan gerakan searah tanpa terlalu kalis.

 

 

3. Pakai Selai yang Tidak Terlalu Berair

Kalau membuatkue kering yang berisi selai, pilih selai yang kesat dan tidak terlalu berair. Selai yang terlalu berair bisa memengaruhi tekstur adonan kue saat dipanggang. Kalau terlalu berair, selai bisa mudah meleleh dan membuat kue gampang retak dan melebar saat dipanggang.

 

 

4. Tepung Bisa Disangrai Lebih Dulu

Kalau menggunakan tepung sagu sebagai bahan utama pembuatan kue, ada baiknya tepung disangrai lebih dahulu. Sangrai tepung sagu dengan api kecil sekali selama sekitar 10 menit atau hingga teksturnya ringan. Kalau ingin aromanya lebih wangi, bisa tambahkan irisan atau potongan daun pandan dalam tepung yang disangrai.

 

 

5. Usahakan Adonan Tidak Lengket di Tangan saat Dibentuk

Perhatikan konsistensi adonan kue kering sebelum dipanggang. Pastikan saat dibentuk, adonan tidak lengket di tangan. Kalau adonan terlalu lembek, nantinya ketika dipanggang, permukaannya bisa pecah dan retak. Kalau adonan masih lengket dan gampang menempel di tangan ketika dibentuk, maka penting untuk mengukur kembali takarannya.

Itu tadi lima hal dasar yang perlu diperhatikan agar kue kering kokoh dan tidak melebar saat dipanggang. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading