Sukses

Food

5 Langkah Cara Memasak Nasi di Microwave Praktis

Fimela.com, Jakarta Umumnya kita memasak nasi di penanak nasi elektronik atau akrab kita sebut rice cooker, dan seeprtinya benda ini sudah sangat umum dimiliki di setiap rumah. Dengan menanak nasi di rice cooker bukan hanya mempermudah dan memperingan memasak nasi tapi juga menghemat waktu karena bisa kita tinggal begitu saja setelah menekan tombol 'masak' dan kemudian ia akan memasak sendiri hingga selesai.

Tapi bagaimana jika kemudian tiba-tiba rice cooker kita rusak atau tak bisa menemukan rice cooker di tempat baru dan adanya hanya microwave? Ternyata kita bisa lho memasak nasi di mocrowave. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini.

1. Persiapkan beras yang akan dimasak

Hal pertama yang harus dilakukan tentu mencuci beras hingga bersih, kemudian tuang air secukupnya tergantung jenis beras yang kamu pakai, karena ada jenis beras yang butuh banyak air dan ada juga beras yang tidak butuh banyak air. Sesuaikan air untuk beras yang akan ditanak.

2. Gunakan mangkuk atau wadah tahan panas

Pindahkan beras beserta airnya ke dalam wadah tahan panas atau aman untuk dipanaskan di dalam microwave. Perlu diingat, sebaiknya menggunakan wadah ukuran lebih besar karena beras akan mengembang saat dimasak. Kamu tidak ingin microwave jadi kotor atau bahkan rusak karena nasi yang membeludak karena wadahnya kekecilan.

3. Masak di dalam microwave

Nyalakan microwave, masukkan wadah beras ke dalamnya lalu tutup. Atur dengan suhu paling tinggi. Masak selama 10 menit. Nasi tidak harus diaduk-aduk selama proses pemasakan di dalam microwave dan tidak perlu ditutupi bagian atasnya selama proses microvawe berjalan. Setelah 10 menit, ganti suhu microwave ke suhu rendah. Lanjutkan memasak nasi dengan microwave suhu rendah selama 15 menit.

4. Aduk nasi setelah matang

Selama proses pemasakan di dalam microwave, kamu tidak perlu mengaduk beras, tidak perlu khawatir akan gosong atau matangnya tidak merata. Setelah matang, baru bisa diaduk. Aduk rata nasi dengan garpu, setelah 15 menit terakhir memasak, nasi siap disantap. Jika nasi masih kurang matang, masak lagi di dalam microwave selama beberapa menit lagi. Jika airnya habis, bisa tambahkan sedikit.

5. Saran

Jika nasi sudah matang, siap dinikmati dengan lauk dan sayur favorit. Perlu diperhatikan untuk hati-hati mengambil mangkuk nasi setelah matang karena panas. Jika terlihat airnya masih meletup-letup di permukaan nasi, sebaiknya biarkan saja di dalam microwave yang sudah dimatikan agar set dahulu. Jika nasi sudah tidak terlalu lembek dan panas, keluarkan dari microwave.

Itu dia tips cara memasak nasi di microwave, semoga bermanfaat dan silakan mencoba jika suka.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading