Sukses

Food

3 Cara Membuat Topping Buttercream Tanpa Gula Halus

Fimela.com, Jakarta Umumnya ketika ingin menghias cupcake atau kue tart, kita perlu membuat buttercream dengan icing sugar, gula halus atau gula donat. Tapi terkadang membeli icing sugar cukup mahal di pasaran. Jika ingin menghemat biaya membeli gula halus, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Ini dia cara membuat buttercream tanpa gula halus.

1. Blender gula pasir

Gula halus atau icing sugar sebenarnya sama saja dengan gula pasir hanya saja dalam bentuk bubuk atau lebih halus. Cukup ambil gula pasir secukupnya lalu masukkan blender, kemudian blender hingga halus. Ulangi lagi memblender jika dirasa belum halus benar. Setelah itu saring agar terpisah dari sisa gula yang belum hancur. Bahkan kita bisa membuat gula halus dari brown sugar jika mau.

2. Tambahkan tepung maizena

Agar membuat tekstur gula halus tidak mudah menggumpal, bisa tambahkan sedikit tepung maizena. Untuk 5 sendok makan gula halus, tambahkan 1 sendok teh maizena. Caranya sederhana, sangrai tepung maizena hingga ringan, campurkan dengan gula halus. Penambahan tepung maizena terutama penting untuk gula halus yang terbuat dari brown sugar karena gula jenis ini mudah menggumpal.

3. Membuat buttercream

Seperti cara membuat buttercream pada umumnya, campurkan gula halus dengan mentega atau margarin, susu dan sedikit vanilla cair. Mixer hingga lembut dan tercampur rata. Konsistensi kepadatan atau kekentalannya tergantung kebutuhan saja. Bahkan jika gula halus dibuat dengan menyampurkan tepung maizena, hasil buttercream-nya tetap bagus dan lembut.

Buttercream siap dipakai sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan silakan mencoba membuat buttercream tanpa gula halus di rumah.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading