Sukses

Food

Tips Menyimpan Ikan Segar di Kulkas Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Ikan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Mengenai ikan, sebenarnya bahan makanan ini bisa disimpan dalam waktu yang lama. Meski tela disimpan dalam waktu lama, ikan tetap bisa memiliki kualitas yang  baik. Nutrisi pada ikan juga akan tetap terjaga dengan baik. 

Dengan cara penyimpanan yang benar, ikan bisa tahan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Rasa ikan pun akan tetap enak. Lantas, bagaimana cara menyimpan ikan segar agar tahan lebih lama? Simak tipsnya berikut ini.

Tips Mudah Menyimpan Ikan

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyimpan ikan. Hal tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Saat membeli ikan, pastikan membeli ikan yang masih segar. Ikan yang segar ditandai dengan tubuhnya yang kenyal, matanya yang bening dan baunya segar. Ikan segar akan memiliki kualitas yang baik. 
  2. Sebelum menyimpan ikan, pastikan untuk membersihkan ikan. Buang isi perut dan insang ikan. Cuci bersih ikan kemudian tiriskan sebentar. 
  3. Masukkan ikan yang telah dicuci di wadah yang bersih dan tertutup. Jika ikan jumlahnya banyak, sebaiknya simpan dalam beberapa wadah. Hal ini akan memudahkanmu dalam memasak ikan secukupnya. 
  4. Simpan ikan di lemari es bagian freezer. Cara ini akan membuat ikan tahan lebih lama dan kualitasnya tetap terjaga. Ikan yang disimpan di freezer bisa tahan hingga berhari-hari bahkan berminggu–minggu. 
  5. Saat menyimpan ikan, usahakan untuk tidak menyimpannya di dekat bahan makanan lain berbau menyengat. Hindari juga menyimpan ikan di wadah yang sama untuk menyimpan bahan makanan lain. 

Itulah sekian tips atau cara mudah dan tepat dalam menyimpan ikan segar. Semoga tips ini bermanfaat. Untukmu yang ingin memasak ikan dari freezer, sebaiknya diamkan ikan hingga es mencair. Kamu juga bisa merendam ikan dengan air beberapa saat untuk mempercepat mencairnya es. Hindari memasak ikan yang masih dalam bentuk es. Selain karena tidak baik untuk kesehatan, ini juga rentan membuat kualitas ikan menurun.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading