Sukses

Food

How To: 4 Cara Mengaduk Mentega Cair Dengan Tepat

Fimela.com, Jakarta Mentega merupakan salah satu bahan utama dalam memasak, memanggang, hingga membuat kue. Mentega memiliki banyak kandungan yang berfungsi meningkatkan berbagai aspek pada makanan.

Mulai dari rasa, tekstur, tampilan, dan masih banyak lagi. Selain digunakan atau dioleskan secara langsung seperti pada roti, penggunaan mentega pada makanan juga kerap kali dilakukan dengan mencairkannya terlebih dahulu.

Cara mencairkan mentega juga beragam. Umumnya mentega dicairkan dengan cara dipanaskan di atas kompor.

Namun, terkadang beberapa orang menghadapi beberapa tantangan dalam mengaduk mentega cair. Sebab, ketika mentega dicairkan, kandungan susu di dalamnya terkadang memadat dan menjadi terpisah dari bagian mentega yang yang sudah meleleh. Berikut tips mengaduk mentega cair dengan tepat, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Hal yang Harus Diperhatikan

Emulsi pada mentega akan terpisah saat terkena suhu yang ekstrim. Tekstur mentega menjadi mulai tidak stabil pada suhu 160°F dan benar-benar terpisah pada suhu 190°F. Melansir dari ehow.com, cara terbaik untuk mencegah mentega terpisah saat dicairkan adalah dengan memantau suhunya dan mengaduknya dengan benar.

Penambahan zat pengemulsi seperti lesitin juga dapat membantu menjaga tekstur mentega tanpa mengubah rasanya agar tidak pecah saat dicairkan. Menambahkan lemak seperti krim kental pada saat mengaduk mentega cair juga dapat menjadi salah satu cara agar tekstur mentega cair tetap stabil dan tidak terpisah.

Cara Mengaduk Mentega Cair

Melansir dari ehow.com, berikut merupakan cara atau tips mengaduk mentega cair dengan benar agar hasilnya tidak terpisah:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • Termometer permen.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • Alat Pengaduk (whisk).
  • 1/2 bubuk lesitin kedelai.
  • 1 sendok teh krim kental (heavy cream).

Langkah-Langkah:

1. Masukan termometer permen ke dalam mentega yang tengah dicairkan. Pastikan suhu mentega tidak melebihi 160°F.

2. Matikan api kompor lalu aduk mentega cair. Tambahkan 1/2 sendok teh garam per cangkir mentega yang dicairkan. Aduk mentega dengan kuat selama kurang lebih 1 menit hingga mentega cair teremulsi. Masukkan termometer permen pada wajan dan tahan suhu pada 160°F.

3. Terus aduk mentega dan angkat dari kompor. Tambahkan 1/2 sendok teh bubuk lesitin kedelai per cangkir mentega yang dicairkan lalu aduk merata menggunakan alat pengaduk. Panaskan kembali wajan berisi mentega cair tadi pada suhu 160°F.

4. Angkat mentega dari kompor dan aduk. Tambahkan 1 sendok teh krim kental (heavy cream) dingin ke dalam mentega cair dan aduk selama sekitar satu menit sampai terbentuk emulsi.

Tips lainnya:

Siapkan sedikit air dingin saat memanaskan atau mencairkan mentega. Jika mentega cair terlihat mulai terpisah, tambahkan beberapa tetes air dingin dan aduk dengan rata. Ini akan menurunkan suhu mentega cukup lama untuk menyesuaikan panas dan mengemulsi ulang.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading