Sukses

Food

5 Tips Cara Membuat Es Roti yang Empuk

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari tips cara membuat es roti atau es gabus yang empuk? Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya membuat es roti yang empuk itu cukup mudah.

Bagi yang mau mencoba membuat es roti sendiri di rumah, berikut tips dan cara yang perlu diikuti. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Gunakan Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe bisa menjadi bahan utama untuk membuat es roti atau es gabus yang empuk. Penggunaan tepung hunkwe bisa membuat tekstur es roti jadi lebih lembut dan empuk.

2. Tambahkan Santan

Santan kelapa bisa ditambahkan untuk menciptakan cita rasa yang lebih gurih. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah seperti ini:

  • 100 gram tepung hunkwe
  • 250 gram gula pasir
  • 800 ml santan kelapa
  • 1/2 sdt garam

 

3. Semua Bahan Dididihkan dengan Api Kecil

Tepung hunkwe, gula pasir, santan, dan garam bisa direbus hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk. Didihkan hingga teksturnya mengental dan meletup-letup. Setelah itu, matikan api.

4. Biarkan Adonan di Suhu Ruang

Setelah didihkan, adonan bisa dituang di wadah atau loyang. Diamkan dan biarkan di suhu ruang hingga agak set serta uap panasnya hilang.

5. Simpan di Dalam Freezer

Saat sudah set dan uap panasnya hilang, es roti atau es gabus bisa disimpan di dalam freezer. Bisa juga dipotong-potong lebih dulu lalu dilapisi plastik sebelum dimasukkan ke freezer. Setelah sekitar 5 jam dibekukan, tekstur es akan mengeras. Es roti pun siap disajikan.

Bagaimana? Cukup mudah kan mengikuti tips cara membuat es roti ini? Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading