Sukses

Food

Sebelum Membeli, Kamu Harus Tahu Cara Memilih Semangka yang Manis

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu buah yang bermanfaat bagi tubuh adalah semangka.

Manfaat semangka bagi tubuh ada bermacam-macam. Salah satunya yang paling terlihat adalah kandungan air di dalamnya. Banyaknya kandungan air di dalam buah semangka bisa membantu kita dalam memenuhi kebutuhan hidrasi kita sehari-hari. Selain itu, kandungan air tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

Namun tidak semua semangka punya rasa yang manis dan menyegarkan. Ada beberapa semangka yang dagingnya sedikit, bahkan kandungan airnya hanya sedikit sehingga terasa tidak segar. Oleh karena itu, sebelum membeli kamu harus bisa memilih semangka yang bagus agar manfaat yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Namun bagaimana sih caranya memilih semangka yang bagus? Yuk simak dan ikuti cara memilih semangka yang bagus berikut ini.

Apa yang Harus Diperhatikan Kalau Membeli Semangka?

1. Perhatikan bentuknya

Carilah semangka yang bentuknya lebih bulat, bukan yang oval atau lonjong. Semangka yang gembul dan bulat memiliki rasa yang lebih manis ketimbang semangka yang besar memanjang. Semangka yang bentuknya lonjong biasanya cenderung berair saja dan kurang beraroma.

2. Ketuk atau tepuk buah semangka

Cara terbaik memilih semangka yang manis selanjutnya ialah dengan menepuk atau mengetuk buah tersebut. Kamu bisa mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan buah. Dengarkan suaranya. Semangka yang matang sempurna akan terdengar suara yang berat ketika diketuk. Sebaliknya, semangka dengan banyak rongga akan menghasilkan suara nyaring saat diketuk.

3. Pilih yang paling berat

Semangka yang manis adalah semangka yang padat atau berat jika diangkat. Pilih semangka yang terasa berat karena isinya, bukan karena besar atau kecil ukurannya. Semangka berkualitas baik akan memiliki berat sesuai dengan ukurannya. Perlu pula diperhatikan untuk tidak memilih semangka dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil.

4. Periksa bercak pada semangka

Jika kamu membalikkan semangka, kamu akan menemukan bercak kuning yang dikenal sebagai field atau ground spot. Bercak kuning menunjukkan bahwa semangka sudah matang dan menghasilkan buah yang manis. Sebaliknya, jika yang kamu temukan adalah bercak lebih putih, hal tersebut menunjukkan bahwa semangka dipetik terlalu cepat dan belum matang. Ingat, Toppers, proses pematangan semangka tidak akan terjadi lagi setelah dipanen. Jika kamu memilih semangka dengan bercak putih, kemungkinan kamu akan mendapatkan semangka dengan rasa yang tidak terlalu manis.

Tangkainya Juga Harus Kamu Periksa

5. Pilih semangka dengan garis hijau tua

Ciri-ciri semangka manis selanjutnya adalah dengan melihat garis di kulit semangka. Semakin gelap warna dan tajam garis tersebut, maka hal tersebut pertanda semangka tersebut memiliki buah yang manis. Toppers bisa memperhatikan ciri-ciri ini sebagai cara memilih buah semangka yang manis.

6. Pilih semangka yang berjaring cokelat

Cara memilih buah semangka yang manis berikutnya adalah dengan memperhatikan jaring berwarna coklat pada kulitnya. Tekstur kecoklatan yang menyerupai sarang laba-laba di permukaan semangka menandakan bahwa lebah menyentuh bagian penyerbukan bunga berkali-kali.Semakin banyak jaring berwarna cokelat yang mirip sarang laba-laba di semangka, semakin manis buah tersebut.

7. Periksa tangkai semangka

Tangkai semangka mengacu pada potongan batang yang masih menempel setelah semangka dipanen. Tangkai ini menghubungkan buah dengan bunga dan tanaman ke akarnya. Bagian ini berfungsi untuk mengangkut air dan nutrisi yang memungkinkan semangka untuk tumbuh. Tangkai yang hijau biasanya menunjukkan bahwa semangka dipanen terlalu dini dan tidak akan matang karena masih tumbuh. Sebaliknya, batang kering merujuk pada semangka yang matang dan manis.

Itulah beberapa cara untuk memilih semangka yang bagus ketika kamu membeli semangka. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa memilih semangka yang bagus ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading