Sukses

Food

7 Cara Membuat Tahu Krispi yang Renyahnya Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Tahu goreng biasanya hanya akan terasa renyah di awal menggoreng. Jika sudah dingin, tahu akan berubah menjadi lembek. Pasti banyak orang tak suka makan tahu goreng yang tidak renyah ini. Lalu bagaimana caranya membuat tahu krispi yang renyahnya tahan lama? Mungkin sekian tips ini bisa menolong permasalahanmu membuat tahu krispi.

1. Lapisi tepung kering

Jangan langsung menggoreng tahu yang hanya dibalut adonan tepung basah. Setelah dicelup ke dalam adonan tepung basah, balur lagi dengan tepung kering. Permukaan yang kering dari adonan tahu akan menciptakan tekstur renyah kering di luar dan lembut bagian dalam. Tahu goreng yang dibalur tepung kering juga cenderung lebih tahan lama krispinya.

2. Tambahkan tepung beras, tapioka dan maizena

Salah satu kunci gorengan tahu bisa renyah krispi adalah campuran tepungnya. Jangan hanya menggunakan tepung terigu sebagai adonan pelapisnya, tambahkan tepung beras, tapioka atau maizena karena ketiga jenis tepung ini mampu menghasilkan tekstur renyah dan keras setelah matang digoreng. Tambahkan sedikit saja ke dalam adonan tepung terigu karena jika terlalu banyak justru membuat hasil gorengan keras.

3. Tambahkan baking powder

Baking powder bukan hanya berguna mengembangkan adonan roti, ternyata juga bisa digunakan untuk membuat adonan tahu goreng renyah dan krispi tahan lama. Tambahkan sedikit saja, umumnya hanya digunakan 1 sdt saja dalam adonan dengan porsi standar rumahan. Jika adonannya sangat banyak, misalnya untuk jualan, bisa ditambahkan. Baking powder akan membuat hasil gorengan berongga dan ringan, inilah yang menciptakan tekstur krispi.

4. Keringkan dahulu tahu

Sebelum menggoreng, tiriskan dahulu tahu dari airnya. Jangan menggoreng tahu dalam keadaan basah karena kelembapan itu yang menjadi penyebab tahu goreng lembek dan tidak krispi. Setelah memotong-motong tahu, serap kelebihan airnya dengan tisu atau kain. Jika ingin lebih krispi, kukus tahu terlebih dahulu, jika sudah dingin, airnya akan berkurang, potong-potong lalu goreng. Hasilnya pasti akan lebih krispi.

5. Goreng dua kali

Jika ingin tekstur tahu yang masih lembut di dalam, selain melapisi tahu dengan adonan basah dan kering, kuncinya adalah goreng dua kali. Setelah penggorengan pertama, tiriskan selama kurang lebih 3 menit, lalu goreng lagi untuk mengurangi kandungan air pada adonan terluarnya sehingga tahu goreng lebih tahan lama krispi dan kriuknya saat digigit tapi tetap lembut basah di dalam.

6. Rendam kapur sirih

Merendam tahu dengan kapur sirih ternyara juga membantu tahu goreng renyah tahan lama. Tahu yang memiliki tekstur lembut dan mudah hancur akan keras kulit terluarnya jika merendamnya ke dalam air kapur dalam waktu tertentu. Ketika digoreng, bisa membuat kulit tahu kering dan krispi bahkan tanpa lapisan tepung. Cukup dibumbui bawang dan garam lalu langsung goreng.

7. Cubit-cubit sebelum digoreng

Jika ingin tektur yang lebih renyah seperti ayam goreng kentucky, cubit-cubit adonan kering saat melapisi tahu sebelum digoreng agar hasilnya menjadi tahu goreng keriting. Renyahnya akan tahan lama karena krispi bagian luarnya membantu mempertahankan tekstur permukaannya.

Itu dia sekian cara membuat tahu krispi yang renyahnya tahan lama. Semoga bermanfaat ya!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading