Sukses

Health

6 Buah dan Sayur yang Perkuat Imun Tubuh saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Saat musim hujan, selalu ada kemungkinan kita kehujanan dan mengalami masalah kesehatan terutama demam, flu dan batuk. Ancamanpenyakit yang bisa menyerang tubuh ini perlu dicegah sehingga kamu tak perlu merasa menderita karena harus mengobati sakit yang diderita.

Ada banyak cara untuk memperkuat imun tubuh selama musim hujan dan rentan sakit, salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Jika ingin menjaga imun tubuh, ini beberapa buah dan sayur sangat cocok untuk dikonsumsi agar gak gampang sakit sepanjang musim hujan.

 

1. Apel

Apel memiliki banyak kelebihan, mulai dari tahan lama, tidak mudah busuk dan persediaannya cukup banyak di pasaran. Diketahui, makan satu buah apel per hari bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya menguatkan imun. Bukan hanya mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin A dan C, buah apel juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan kanker. Jika bosan makan apel, bisa juga dibuat jus atau menyeduh sari apel.

2. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Ada banyak jenis jeruk dan hampir semua buah jeruk tinggi vitamin C sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Vitamin C dianggap dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci utama untuk melawan infeksi. Kandungan antioksidan tinggi ini juga bagus dalam membantu proses penyembuhan penyakit. karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, jadi kita harus rajin mengonsumsi setiap hari.

3. Brokoli

Sayur brokoli yang hijau sangat kaya dengan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, C, dan E, serta serat. Kunci untuk menjaga kandungan nutrisi dalam brokoli tetap utuh adalah dengan memasaknya sebentar saja. Setelah dicuci bersih dan merontokkan ulat atau kotoran di sela-selanya, rebus atau kukus sebentar teksturnya tidak terlalu empuk dan warna hijaunya tetap cerah, yang merupakan tanda bahwa kandungan nutrisinya terjaga.

4. Bayam

Bayam juga sangat baik dikonsumsi selama musim hujan karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi sekaligus memiliki total antioksidan dan beta karoten yang tinggi, kesemuanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, memasak bayam sebaiknya juga jangan terlalu lama demi menjaga kandungan gizinya seutuh mungkin karena proses pemasakan dengan suhu panas terlalu lama bisa menghilangkan gizinya.

5. Kubis

Sayur kol yang berwarna putih ini jarang dimasukkan ke dalam kategori super food padahal memiliki kandungan gizi yang sangat sehat. Masa penyimpanannya juga cukup lama karena sayur ini cenderung kering dan tahan di segala suhu dan cuaca. Kubis memiliki nutrisi tidak kalah hebat dengan serat dan zat besi yang dimilikinya. Kubis mengandung vitamin C yang mampu memperkuat kekebalan tubuh. Bukan hanya membuat sel darah merah lebih sehat, namun juga meningkatkan kesehatan tulang dan gigi karena mengandung vitamin K juga.

6. Pepaya

Satu lagi buah yang memiliki kandungan serat tinggi dengan banyak nutrisi. Buah pepaya merupakan sumber vitamin C dan A yang membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga tubuh dari serangan penyakit dan menangkal radikal bebas. Umumnya buah pepaya juga cukup tahan lama, segar dimakan karena tinggi air dan tinggi betakaroten yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jangan ragu mengonsumsinya sesekali.

Jadi, jika ingin tetap sehat sepanjang musim penghujan ini, coba siapkan buah-buah dan sayur di atas saat musim hujan agar tetap sehat dan bahagia.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading