Sukses

Health

5 Cara Detoks Tubuh saat Kebanyakan Makan Makanan Asin

Fimela.com, Jakarta Tubuh memerlukan keseimbangan kadar gula, asam basa (pH) dan garam dalam tubuh. Semua itu memiliki fungsinya masing-masing. Bayangkan bagaimana jadinya jika tubuh memiliki kadar terlalu banyak dari salah satu komponen tersebut, maka keseimbangan tubuh bisa terganggu. Begitu pula jika kita makan makanan yang hampir semuanya asin dan sangat berbumbu. Mau tidak mau, jumlah garam dalam tubuh juga meningkat. Seperti yang kita tahu, segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk ketika tubuh kebanyakan kandungan garam.

Ada banyak risiko kesehatan yang bisa mengancam tubuh, mulai dari hipertensi, pengentalan darah dan bahkan pembengkakan atau inflamasi di berbagai organ tubuh. Agar kamu tidak perlu mengalaminya, ada beberapa cara untuk mengatasi kelebihan garam dalam tubuh. Ini beberapa cara detoks alami yang bisa dilakukan.

1. Banyak minum air putih

Cara pertama yang paling mudah untuk mengurangi kandungan garam di tubuh adalah dengan banyak minum air putih. Harvard School of Public Health merekomendasikan asupan garam harian tidak lebih dari 2.300 miligram atau sekitar 1 sendok teh garam per hari untuk orang dewasa yang sehat di bawah usia 40 tahun. Dengan mengurangi makanan asin dan minum air putih lebih banyak, maka secara alami tubuh akan membuang kelebihan garam melalui urin melewati ginjal sehingga dapat mengembalikan keseimbangan kadar garam dalam tubuh. Kapan pun kamu merasa telah makan makanan tinggi garam, sebaiknya minum 12 gelas air putih secara berkala dalam waktu 24 jam.

2. Makan makanan tinggi kadar air

Ketika kebanyakan garam dalam tubuh, pasti kamu akan merasakan perbedaannya, terutama tubuh menjadi lebih berat, bengkak dan bahkan kembung. Hal ini sangat wajar, karena garam memang menyebabkan retensi air atau bersifat menumpuk atau menahan air di dalam tubuh. Kebanyakan jumlah garam dalam tubuh juga secara otomatis meningkatkan risiko mengalami tekanan darah tinggi. Cara terbaik selain minum air putih adalah dengan makan makanan tinggi air seperti tomat, mentimun, sawi, semangka dan buah maupun sayuran lain yang tinggi kadar air. 

3. Makan makanan tinggi kalium

Konsumsi makanan tinggi kalium juga efektif dalam menyeimbangkan garam dalam tubuh. Kadar kalium yang tinggi membantu dalam mengeluarkan natrium sehingga tubuh tidak mengalami tekanan darah tinggi dan peredaran darah lancar. Beberapa makanan tinggi kalium lainnya seperti jeruk, alpukat, ubi, kentang, tomat dan kacang merah. Secara alami, makanan-makanan itu mampu membantu membuang kelebihan garam dalam tubuh. Itu juga alasan mengapa buah-buahan dan sayuran tersebut efektif menurunkan hipertensi. 

4. Olahraga

Tubuh manusia mengeluarkan banyak air bersama dengan garam berupa keringat, selama olahraga atau aktivitas fisik intens lainnya. Ini adalah cara yang sangat sehat untuk mengeluarkan kelebihan garam dalam tubuh. Yang perlu diingat, pertahankan agar tubuh tetap terhidrasi selama berolahraga karena kehilangan air yang berlebihan dapat membuatmu lelah dan menyebabkan hipernatremia, yang disebabkan karena penurunan kadar air dalam tubuh. Oleh karena itu, selama dan setelah olahraga harus disertai dengan banyak minum air putih untuk membantu pengeluaran garam lewat urin yang disaring ginjal. 

5. Jalan kaki

Selain olahraga dengan keras seperti aerobik, gym, berenang dan lain sebagainya, berkegiatan sederhana seperti jalan kaki berkeliling ke sekitar rumah juga efektif dalam membantu mengeluarkan kelebihan garam dalam tubuh karena kalori dibakar dan metabolisme dipercepat sehingga tubuh akan secara alami memproses garam untuk dikeluarkan dari tubuh melalui keringat maupun urine.  Setiap selesai makan, sebisa mungkin jangan langsung duduk dan rebahan, tapi jalan-jalanlah untuk membakar kalori dan membantu mengurangi kelebihan garam dalam tubuh.

Jadi, sekarang kita jadi tahu bagaimana cara mengatasi agar tidak terlalu banyak jumlah garam di dalam tubuh. Yuk, jaga tubuh lebih sehat dari sekarang Sahabat Fimela!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading