Sukses

Health

Efek Samping Mengonsumsi Kopi bagi Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Menikmati kopi pada pagi hari adalah aktivitas yang sering dilakukan. Kopi dipercaya bisa meningkatkan energi dan suasana hati. Namun ternyata terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat membuat tubuh kelebihan kafein, yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Kafein yang terkandung di dalam kopi merupakan senyawa alkaloid. Kafein memiliki sifat sebagai stimulan, yang bisa membuat perasaan senang. Namun ternyata terlalu banyak mengonsumsi kafein, bisa membahayakan tubuh dan kulit, dan bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Sebaiknya minumlah kopi sesuai dengan kebutuhan saja. Perhatikan dengan benar, anjuran mengonsumsi kopi. Berikut efek samping mengonsumsi kopi, yang memiliki kandungan kafein:

Efek Samping Mengonsumsi Kopi

1. Membuat Gelisah dan Cemas

Walaupun kafein bisa meningkatkan perasaan senang, dan bisa menambah semangat untuk beraktifitas, ternyata terlalu banyak mengonsumsi kopi yang mengandung kafein bisa membuat gelisah. Apalagi saat sedang mengantuk, pasti harus mengonsumsi kopi agar semangat. Namun kebiasaan mengonsumsi kopi bisa membuat rasa cemas atau gelisah. Seseorang yang sering mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, akan sering cemas dan gelisah. Kondisi gelisah dan cemas ini biasa disebut dengan caffeinism.

2. Membuat Sakit Perut

Mengonsumsi terlalu banyak kopi yang mengandung kafein, bisa membuat perut menjadi sakit, dan bisa membuat diare. Sakit perut biasanya terjadi karena salah mengonsumsi makanan, tetapi mengonsumsi kopi juga bisa membuat sakit perut. Karena kandungan kafein dalam kopi mengandung asam.

Kopi memiliki senyawa tertentu, yang bisa membuat sekresi asam lambung di sel-sel perut, sehingga perut menjadi sakit. Terlalu sering mengonsumsi kopi, bisa membuat asam lambung naik, dan bisa mengganggu kesehatan serta aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi terlalu banyak kopi yang mengandung kafein, juga bisa membuat diare. Maka kurangilah mengonsumsi kopi yang mengandung kafein.

3. Bisa Membuat Jantung Berdebar

Jantung adalah organ tubuh yang penting untuk manusia. Mengonsumsi terlalu banyak kopi yang mengandung kafein, bisa membuat jantung berdebar dan membuat perasaan khawatir. Jika terlalu banyak mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, bisa membuat jantung yang berdebar kencang, dan bisa mengakibatkan pusing hingga pingsan. Bahkan sangat berbahaya untuk darah tinggi.

Efek Samping Mengonsumsi Kopi

4. Bisa Membuat Susah Tidur

Kopi biasanya dinikmati pada saat pagi atau siang hari, untuk menghilangkan rasa ngantuk, dan membuat semangat bekerja. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa membuat tubuh menjadi semangat. Namun jika mengonsumsi secara berlebihan, dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Jika tidur tidak nyenyak, atau yang biasa disebut dengan insomnia, bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

5. Menyebabkan Sakit Kepala

Mengonsumsi terlalu banyak kafein juga bisa membuat sakit kepala. Hal ini disebabkan karena kafein merangsang otak bekerja berlebihan, sehingga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala. Mengonsumsi kopi yang mengandung kafein yang tinggi, memiliki kandungan mengandung asam, sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Gangguan masalah pencernaan bisa mengirimkan sinyal kepada otak, dan salah satu gejala yang muncul adalah sakit kepala. Maka kurangilah mengonsumsi kopi mengandung kafein.

6. Membuat Kulit Menjadi Kering

Setiap orang pasti tidak senang memiliki kulit kering, atau memiliki garis halus, atau tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Tanpa disadari kebanyakan orang, ternyata mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, bisa membuat kulit kering dan timbul tanda-tanda penuaan dini.

Efek Samping Mengonsumsi Kopi

7. Menaikkan Berat Badan

Mengonsums kopi yang mengandung kafein, memiliki tingkat asam yang tinggi. Sehingga bisa membuat perut selalu lapar. Minum kopi yang mengandung kafein, biasanya dinikmati dengan tanpa gula dan susu. Karena kafein menimbulkan rasa pahit yang harus dinetralisasi dengan gula atau susu.

Mengonsumsi kopi mengandung kafein dengan ditambahkan gula, dapat membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Kelebihan berat badan dapat memicu obesitas dan menjadi faktor risiko penyakit kronis. Maka dari itu, kurangilah mengonsumsi kopi yang mengandung kafein secara berlebihan, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

8. Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang

Mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, juga mengganggu kepadatan tulang, sehingga bisa menyebabkan penyakit seperti osteoporosis. Ketika Sahabat Fimela terlalu sering mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, tulang akan terus-terusan melepaskan kalsium, untuk menetralisir kandungan asam di dalam tubuh yang disebabkan kafein. Jika tubuh terlalu sering melepaskan kalsium, untuk menetralkan kandungan asam tersebut, maka semakin lama kepadatan tulang akan semakin berkurang.

9. Menyebabkan Kerusakan Pada Gigi

Terlalu sering mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, bisa membuat gigi berwarna kuning, dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, bisa membentuk lapisan bakteri tipis pada gigi, dan membuat gigi kuning atau membuat plak gigi. Kopi yang mengandung kafein bisa menimbulkan asam. Kandungan asam pada kopi bisa menghancurkan lapisan enamel pada gigi, dan membuat gigi menjadi rusak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading