Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk dengan Bahan Alami, Aman Dipraktikkan di Rumah

Imelda Rahma22 Jul 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 19:45 WIB
Sesak Napas

Ketika paru-paru tidak mendapatkan cukup pasokan udara, kamu akan merasa sesak napas atau kesulitan bernapas. Akibatnya, napasmu jadi cepat, dangkal, dan kadang berbunyi ‘ngik-ngik’. Dada pun terasa nyeri seperti ada yang melilit tali erat-erat di sekeliling dada. Semua sensasi melemahkan ini adalah gejala asma yang paling dapat dikenali.

Tak jarang, banyak yang mengira kalau sesak napas itu sudah pasti asma. Padahal belum tentu. Sesak napas dapat muncul tiba-tiba (akut) atau bersifat kambuhan dalam jangka panjang (kronis), dan bisa diakibatkan sejumlah masalah kesehatan berbeda selain asma. 

Salah satunya adalah karena sedang batuk berdahak. Batuk berdahak  merupakan masalah gangguan tenggorokan yang umum pernah dialami semua orang sedangkan sesak napas merupakan keluhan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernapasan yang muncul selanjutnya akibat dari sesak napas yang belum disembuhkan.

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dapat dilakukan dengan 2 cara secara bersamaan yaitu cara umum dan tradisional. Kedua cara tersebut saling berkaitan dan dapat mendukung terlaksananya proses penyembuhan relatif lebih cepat. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas cara mengatasi sesak napas karena batuk dengan bahan alami. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk dengan Pengobatan Umum

Cara Umum Mengatasi Sesak Nafas
Ilustrasi Pengobatan Umum Credit: pexels.com/Mart

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dengan cara umum sebagai berikut:

1. Menggunakan Minyak kayu putih.

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak bisa dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dioleskan pada seputar dada yang fungsinya dapat menghangatkan tubuh dan melancarkan pernapasan menjadi lebih lega.

2. Menghirup Uap Panas

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dengan uap panas. Menghirup uap air panas yang sebelumnya telah ditambahkan minyak kayu putih baik untuk melancarkan pernapasan dan menyembuhkan sesak napas.

3. Membenarkan Posisi tidur.

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan memperhatikan posisi tidur. Tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk menjaga jantung memompa darah senantiasa lancar dan menyebabkan saluran pernapasan tetap dalam kondisi normal.

4. Menghindari Kafein

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dengan tidak mengonsumsi kafein. Hindari minum kopi untuk mencegah munculnya sesak napas, karena kafein dalam kopi bisa menyumbat jalan napas dan menurunkan kinerja saluran pernafasan jika dalam jumlah berlebihan.

 

5. Mengonsumsi Obat Tertentu.

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan tidak minum obat-obatan sembarangan. Hindari penggunaan obat tanpa resep dokter yang bisa menyumbat pernapasan ketika terjadi iritasi pada dinding saluran pernafasan. Kondisi ini menyebabkan sesak napas.

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk dengan Bahan Alami
Ilustrasi Bahan Alami Credit: pexels.com/Mareefe

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dengan bahan alami sebagai berikut:

1. Daun kenanga

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dengan daun kenanga. Daun kenanga bisa dicuci lalu direbus hingga mendidih, Setelah dingin saringlah untuk kemudian tambahkan madu secukupnya sebelum dikonsumsi 2 kali sehari. Daun kenanga dapat melegakan pernafasan sekaligus mengurangi dahak berlebih.

2. Bunga kenanga

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak juga bisa dengan memanfaatkan bunga kenanga. Ya, bunga kenanga juga memiliki kemampuan secara klinis membuka penyempitan pembuluh darah pada organ pernafasan sehingga sesak nafas bisa dihilangkan. Bunga kenanga juga bisa membantu mengencerkan dahak sehingga bisa cepat dikeluarkan.

3. Daun sirsak

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak lainnya bisa dengan daun sirsak. Daun sirsak adalah daun yang terkenal memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi gangguan pernafasan dan tenggorokan paling ampuh, yaitu terdiri dari senyawa murikatosin, acetoginin, zat anopentosin dan lain-lain. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dapat dengan cara minum rebusan air sirsak 1 kali sehari secara rutin untuk sistem pernafasan lebih sehat. Perlu diketahui bahwa penggunaannya yang berlebihan dapat memicu efek samping daun sirsak yang sangat berbahaya. Untuk itu minumlah rebusan daun sirsak tidak lebih dari satu cangkir saja dalam satu hari.

4. Daun paterseli

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak adalah dengan menggunakan beberapa helai daun peterseli yang dicuci lalu direbus sampai mendidih. Air rebusannya efektif untuk melegakan pernafasan, membuka penyumbatan di saluran pernafasan dan merangsang dahak menjadi lebih encer. Daun paterseli dapat dikonsumsi 2 kali sehari sampai sesak nafas dan batu berdahak sembuh. 

5. Rebusan sereh

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak selanjutnya dengan sereh. Tanaman sereh memiliki kandungan zat anti inflamasi dan minyak atsiri yang tinggi sehingga keharumannya mampu membuak jalan nafas menjadi lega kembali. Rebuslah beberapa daun dan batang sereh lalu gunakan uap panasnya untuk dihirup secara perlahan lahan. Uap panasnya bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernafasan agar menjadi lebih baik. 

6. Bawang putih

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa juga dengan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi dahak dan melegakan saluran pernafasan sehingga dapat menghilangkan sesak nafas serta dada nyeri. Potonglah bawang putih menjadi beberapa bagian lalu diblender dan tambahkan madu untuk menetralisir rasa getirnya. Minumlah dengan takaran satu sendok makan saja 2 kali sehari setiap hari dan jangan berlebihan. Hal ini untuk menghindari efek samping bawang putih bagi kesehatan tubuh yang dapat menggagalkan proses penyembuhan sesak nafas dan batuk berdahak itu sendiri.

7. Jahe dan madu

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bagi anak dan dewasa bisa dengan memanfaatkan jahe dan madu. Parutlah jahe lalu sedih dalam air panas dan tambahkan madu sesuai dengan selera dapat pula dicampurkan beberapa tetes air jeruk nipis agar citarasanya semakin nikmat. Minumah ramuan tradisioanl yang nikmat ini 2 kali sehari . 

8. Kunyit dan madu

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dengan kunyit dan madu. Kunyit mengandung segudang senyawa penyembuh terdiri dari anti inflamsi, antibiotik alami, anti bakteri dan lain-lain yang terbukti ampuh untuk cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Perasan kunyit dapat dicampur dengan air matang secukupnya dan 1 sendok teh madu murni. Minumlah 2 kali sehari secara rutin. Minuman ini aman untuk segala usia selama penggunaannya  tidak berlebihan. Bagaimanapun juga  efek samping kunyit wajib diketahui karena bisa mengancam dan merugikan kesehatan tubuh. 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela