Cara Membuat Jus Buah dan Sayur agar Vitaminnya Tidak Hilang dan Nutrisinya Tetap Terjaga

Imelda Rahma23 Jul 2021, 13:59 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 18:27 WIB
Jus Buah

Fimela.com, Jakarta Jus buah sangat menyenangkan, mudah dibuat dan memberi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi makanan alami seperti buah dan sayuran, menurut para ahli gizi,bisa meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, membangun sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit.

Jus menjadi salah satu cara yang menyenangkan dalam menikmati berbagai macam buah dan sayuran untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan membuat jus, kita bisa mencampurkan berbagai macam buah dan sayuran untuk mendapatkan rasa yang enak dan beragam manfaat.

Warna yang terdapat pada buah dan sayuran menandakan manfaat yang terkandung di dalamnya. Contohnya buah yang berwarna merah, kaya akan licopene yang baik untuk menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan lain sebagainya.

Meskipun jus adalah sajian yang menyehatkan, tetapi jika kamu tidak tahu cara membuatnya dengan benar, maka nutrisi dalam jus tersebut bisa hilang atau berkurang.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas cara membuat jus buah dan sayur agar vitaminnya tidak hilang dan nutrisinya tetap terjaga. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Memastikan Kebersihan Peralatan Makan

Memastikan Kebersihan Peralatan Makan
Ilustrasi Membuat Jus Credit: pexels.com/Anastasia

Pastikan bahwa peralatan dan bahan yang akan digunakan sudah benar-benar bersih. Cuci buah untuk menghilangkan zat kontaminan yang menempel. Sementara itu peralatan yang tidak steril akan mendatangkan penyakit bagi tubuh. 

Peralatan yang Mudah Dicuci

Peralatan yang Mudah Dicuci
Ilustrasi Mencuci Peralatan Credit: pexels.com/burst

Peralatan baik juicer atau blender harus mudah dibersihkan. Sisa jus yang tertinggal di blender karena kurang bersih saat dibersihkan akan mendatangkan banyak bakteri.

Mengupas dan Membiarkan Kulit Buah

Mengupas dan Membiarkan Kulit Buah
Ilustrasi Buah Credit: pexels.com/PhotoMIX

Ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak perlu dikupas agar tidak mengurangi serat dan zat pektin yang ada di bagian kulitnya, seperti wortel dan sayur. Namun jika buah yang kamu gunakan tidak organik, sebaiknya dikupas atau dicuci dengan sabun khusus dan membilasnya dengan air.

Tidak Menambahkan Gula atau Pemanis Tambahan

Tidak Menambahkan Gula atau Pemanis Tambahan
Ilustrasi Gula Credit: pexels.com/Mali

Mencampurkan jus dengan gula dapat membuat nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur hilang. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan justru tak baik untuk tubuh.

Jus yang baik adalah jus yang tak perlu ditambahkan pemanis apapun di dalamnya. Dengan cara tersebut, nantinya nutrisi dan manfaatnya akan lebih lengkap bagi tubuh kita.

Segera Mengonsumsi Jus

Segera Mengonsumsi Jus
Ilustrasi Jus Buah Credit: pexels.com/Toni

Jus yang baik dan sehat sebaiknya dibuat seketika dan langsung diminum. Jika disimpan dalam waktu yang lama akan mengurangi kandungan enzim dan fitonutrisinya. Artinya, kamu tidak mendapatkan manfaat optimal dari jus yang dibuat. Untuk mendapatkan penyerapan nutrisi yang baik, sebaiknya konsumsi saat perut kosong.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela