Peranan Ivermectin Menyembuhkan COVID-19, Fakta atau Hoaks?

Annissa Wulan26 Jul 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 17:00 WIB
Peranan Ivermectin Menyembuhkan COVID-19, Fakta atau Hoaks?

Fimela.com, Jakarta Ivermectin telah banyak disebutkan sebagai salah satu obat yang bisa menyembuhkan COVID-19. Sayangnya, berbagai informasi juga banyak mengandung pro dan kontra tentang peranan Ivermectin di masa pandemi ini.

Ivermectin memiliki sejarah 40 tahun dan memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, serta efek samping minim dan jarang. Oleh WHO, Ivermectin telah dinyatakan sebagai obat esensial dan salah satu obat teraman untuk dikonsumsi.

Dokter-dokter di seluruh dunia juga terus berjuang mencari pengobatan terbaik sebagai solusi dalam penyembuhan pasien COVID-19. Di Indonesia sendiri, sudah banyak dokter yang menggunakan Ivermectin yang telah terbukti efektif menyembuhkan COVID-19.

Melihat hasil dan respon positif dari penggunaan Ivermectin di Indonesia, uji coba klinis telah dilakukan untuk mengetes kemampuan Ivermectin dalam menyembuhkan COVID-19. Uji klinis ini nantinya akan menjadi salah satu pijakan penting bagi dokter untuk memberikan pengobatan kepada pasien COVID-19.

 

Peranan Ivermectin dalam menyembuhkan COVID-19

Dampak dari Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu
Ilustrasi Mengonsumsi Obat-Obatan Credit: pexels.com/pixabay

Menurut dr. Putu Moda Arsana, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh para dokter sebelum mengambil tindakan penanganan pasien yang memerlukan pertolongan. Pertama, keilmuan dan pengalamannya dalam menangani penyakit pasien.

Kedua, aspek nilai dan pilihan pasien yang terdiri atas kondisi fisik, psikologis, dan faktor sosial. Ketiga adalah bukti riset yang kuat, sehingga uji coba terhadai Ivermectin ini nantinya akan menjadi bagian penting para dokter untuk menyarankan dan memberikan Ivermectin sebagai obat penyembuhan COVID-19.

dr. Putu juga menghimbau masyarakat agar tidak takut mengonsumsi Ivermectin apabila memang disarankan oleh dokter yang bertugas, mengingat bahwa para dokter yang memberikan obat pasti sudah memperhitungkan banyak aspek, termasuk efek bagi tubuh pasien sendiri. Untuk informasi ilmiah mengenai Ivermectin bisa kamu temukan di flccc.net.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela