7 Manfaat Tanaman dalam Ruangan, Meningkatkan Oksigen hingga Redakan Stres

Baiq Nurul Nahdiat30 Jul 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 12:05 WIB
Manfaat Tanaman dalam Ruangan

Fimela.com, Jakarta Tanaman hias kini kembali menjadi tren di masa pandemi, banyak sekali orang yang gemar memelihara tanaman hias di rumah sebagai pengisi waktu luang agar tak bosan selama di rumah saja. Tak hanya untuk di luar ruangan, tanaman hias juga bisa disimpan di dalam ruangan, yang terpenting selama ada pencahayaan yang baik tanaman juga akan tumbuh dengan sehat. Tetapi tak hanya sebagai hiasan, tanaman hias memiliki manfaat lainnya seperti berikut ini.

1. Membantu mengurangi tingkat stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor membuat kita merasa lebih nyaman, tenang, dan alami. Mereka menemukan bahwa tugas berkebun dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta. Para peneliti menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Meningkatkan konsentrasi

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di kelas dengan tanaman palsu, asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali. Pemindaian otak peserta menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan tanaman hidup nyata di kelas lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain.

3. Memberikan terapi alami

Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, berkebun dalam ruangan dapat membantu. Peneliti telah menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan sejahtera di antara orang-orang dengan Depresi, kecemasan, demensia, dan kondisi lainnya.

4. Membantu lebih cepat pulih dari penyakit

Manfaat Tanaman dalam Ruangan
Manfaat Tanaman dalam Ruangan. (Credit: pexels.com/Huy)

Mampu melihat tanaman dan bunga dapat mempercepat pemulihan dari penyakit, cedera, atau operasi. Sebuah tinjauan penelitian tahun 2002 mengungkapkan bahwa orang yang memulihkan diri dari beberapa jenis operasi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan memiliki masa rawat inap yang lebih pendek daripada orang yang tidak melihat tanaman hijau selama masa pemulihan mereka.

5. Meningkatkan produktivitas

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa tanaman di ruang kerja meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Satu studi yang sering dikutip dari tahun 1996 menemukan bahwa mahasiswa di laboratorium komputer kampus bekerja 12 persen lebih cepat dan kurang stres ketika tanaman ditempatkan di dekatnya.

6. Meningkatkan kadar oksigen

Manfaat Tanaman dalam Ruangan
Manfaat Tanaman dalam Ruangan (Credit: pexels.com/Huy)

Ketika bernapas, tubuh mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Sedangkan tanaman, selama proses fotosintesis, tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Proses pernapasan yang berlawanan seperti ini membuat tanaman dan manusia dapat menguntungkan satu sama lain.

7. Membersihkan udara

Menambahkan tanaman hijau di dalam ruangan paling tidak dapat memberikan manfaat detoksifikasi ringan di ruangan rumah atau kantor. Studi lainnya mencatat bahwa tanaman dapat menghilangkan hingga 10 persen karbon dioksida di udara.

Itulah sekian manfaat dari tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan. Ternyata tanaman hias tak hanya berfungsi untuk dekorasi saja tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela