Oneonco, Layanan Digital untuk Edukasi, Deteksi Dini dan Konsultasi Penyakit Kanker

Vinsensia Dianawanti01 Agu 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 12:00 WIB
Membantu Melawan Kanker

Fimela.com, Jakarta Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit tidak menular yangangka prevalansi naik setiap tahun secara global. Seperti diketahui empat kasus baru kanker di dunia didominasi oleh payudara, paru, kolon danprostat. Sedangkan di Indonesia kasus kanker didominasi oleh payudara, serviks, paru dan kolon.

Meski demikian, dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM mengatakan penyakit kanker sebenarnya dapat di cegah dengan cara deteksi dini kanker. Deteksi dini kanker ada beberapa macam, diantaranya untuk penyakit kanker payudara (breast cancer) deteksi dini dengan melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang dapat dilakukan oleh seorang wanita yang sudah menstruasi. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini membuat akses layanan kesehatan bagi para pejuang kanker semakin terbatas. Khawatir layanan kesehatan menjadi rentan terhadap perkembangan penyakit. Untuk itu, KlikDokter bersama Kalbe membuat sebuah platform digital yang disebut One Onco.

 

Menjadi layanan yang terjangkau

Mencegah Penyakit Kanker
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Credit: pexels.com/NCI

Saat ini ekosistem Oneonco.co.id ini sudah dapat memberikan solusi antara lain, akses informasi seputar kanker yang terpercaya (Anti Hoaks), Akses konsultasi seputar kanker secara online yang didukung oleh KlikDokter, Akses deteksi dini kanker yang lengkap & terjangkau yang didukung oleh para mitra fasilitas kesehatan, dan Akses direktori layanan kanker yang terdiri dari fasilitas kesehatan dengan berbagai modalitas di bidang onkologi, tenaga kesehatan di bidang onkologi serta informasi seputar komunitas kanker.

"Kolaborasi dengan One Onco Kalbe sangatlah strategis mengingat KlikDokter sudah memiliki platform e-health yang mumpuni dan sudah menjangkau masyarakat luas di Indonesia, khususnya terkait dengan konsultasi secara daring maupun layanan lain, seperti belanja sehat.” ujar Michael Buyung Nugroho, Direktur Kalbe E-Health.

Michael berharap Kalbe Oncology (One Onco) sebagai pioneerlayanan onkologi di Indonesia serta konektivitas yang telah terjalin dengan seluruh stakeholder kanker di Indonesia menjadikan kolaborasi ini lebih mampu laksana sebagai solusi membantu pemerintah dan masyarakat untuk menurunkan angka kejadian penyakit kanker di Indonesia.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓