Ketahui 5 Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala yang Membahayakan Kesehatan

Imelda Rahma02 Agu 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 17:45 WIB
Tidur

Ketika hendak tidur, sebagian orang lebih memilihnya dengan lampu menyala, akan tetapi sebagian orang juga lebih memiliki tidur tanpa cahaya lampu karena dianggap mengganggu.

Selama ini, kita mungkin tak menyadari bahwa sebenarnya itu semua tidak hanya berhubungan dengan kenyamanan kita tidur atau tidak. Namun, ternyata menyala atau tidaknya lampu saat kamu tidur memang berpengaruh kepada kualitas tidur.

Kualitas tidur yang tidak baik dapat mengakibatkan beberapa risiko penyakit akan menyerang tubuh. Menyalanya lampu di saat tidur dipercaya akan membuat tidur tidak nyenyak.

Sedangkan tidur nyenyak akan berpengaruh pada kesegaran badanmu ketika bangun. Secara umum para ahli mengatakan bahwa waktu tidur yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu sekitar tujuh sampai sembilan jam di malam hari.

Cahaya lampu memiliki pengaruh pada kualitas tidur, dan berikut Fimela.com akan mengulas 5 efek buruk tidur dengan lampu menyala yang membahayakan kesehatan. Ulasan ini tentu akan menjadi perhatian agar kamu tidak selalu tdiur dengan lampu menyala. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Merasa Lelah Ketika Bangun

Lelah Ketika Bangun
Ilustrasi Lelah Bangun Tidur Credit: pexels.com/Andrea

Tidur dengan lampu menyala ternyata kurang baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena paparan sinar akan membuat kamu susah tidur, hal ini akan berpengaruh pada melatonin perangsang tidur. Jika kamu tidur dengan lampu menyala akan membuatmu tidak mendapatkan suasana hati, memori dan juga belajar, hal tersebut sudah dijelaskan oleh National Sleep Foundation.

Memicu Kanker

Memicu Kanker
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Kinga

Jika kamu sering tidur dengan lampu menyala, sebaiknya mulai hentikan dari sekarang. Karena bahaya tidur dengan cahaya lampu ini dapat memicu terjadinya penyakit kanker terutama bagi kaum perempuan. Kanker yang terjadi akibat tidur dengan lampu menyala adalah kanker payudara dan usus besar.

Menimbulkan Depresi

Menimbulkan Depresi
Ilustrasi Depresi Credit: pexels.com/Kinga

Tidur dengan lampu menyala juga sering dikaitkan dengan terjadinya Depresi pada diri. Itu disebabkan paparan sinar lampu dapat mempengaruhi suasana hati. Sinar lampu redup dimalam hari saja dapat meningkatkan perubahan fisiologis dan mengarah pada depresi.

Mengganggu Siklus Tidur

Mengganggu Siklus Tidur
Ilustrasi Jam Tidur Credit: pexels.com/Archaporn

Selanjutnya, tidur dengan lampu menyala dapat mengganggu siklus tidur itu sendiri. Hal tersebut dapat menghambat hormon melatonin. Dengan begitu akan berpengaruh pada siklus tidur normal yang kamu miliki akan kacau di setiap harinya. Jadi usahakan kamu tidur tanpa cahaya agar tidak membuatmu menjadi insomnia.

Meningkatkan Obesitas

Meningkatkan Obesitas
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Vladislav

Dampak buruk selanjutnya akibat tidur dengan lampu menyala adalah obesitas. Studi pada perempuan menunjukkan bahwa obesitas dapat terjadi kepada mereka yang tidur dengan lampu menyala. Faktor yang paling banyak mempenhgaruhi obesitas adalah cahaya lampu, gadget dan tv.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela