5 Manfaat Santan Murni yang Menyehatkan, Bantu Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Imelda Rahma02 Agu 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 18:45 WIB
Santan Murni

Bagi kesehatan, santan banyak dianggap sebagai pemicu munculnya berbagai penyakit serius mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung. Namun, sebenarnya munculnya penyakit akibat santan dikarenakan cara mengolah dan cara mengonsumsinya yang salah.

Santan merupakan cairan berwarna putih hasil dari ekstraksi daging kelapa parut yang ternyata dapat menyehatkan tubuh. Santan biasanya dijadikan sebagai bahan campuran makanan untuk menciptakan rasa lezat.

Usut punya usut, santan sebenarnya dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Manfaat santan bisa didapat dari santan murni alias belum dicampur dengan bahan makanan lainnya.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas 5 manfaat santan murni yang menyehatkan dan bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Credit: pexels.com/PhotoMIX

Manfaat santan bagi kesehatan dapat menurunkan kolesterol. Manfaat ini terdapat pada santan murni yang belum tercampur dengan bahan lain.

Risiko kolesterol tinggi dikarenakan santan telah dicampur dengan bahan lain seperti daging, telur, atau jeroan. Justru, konsumsi santan murni dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Alexandr

Santan murni mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan asam Laruat. Nutrisi ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C yang tinggi pada santan murni dapat menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba berguna sebagai penangkal bakteri dan virus yang dapat masuk ke stubuh.

Apabila kamu sering mengalami masalah batuk dan pilek, mengonsumsi santan murni dapat meredakan kondisinya. Mengonsumsi santan dalam jumlah yang relatif kecil diketahui bermanfaat untuk melawan beragam penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Menurunkan Berat Badan Credit: pexels.com/Joe

Mengonsumsi santan dengan cara yang tepat dapat mendatangkan manfaat berupa menurunkan berat badan. Santan murni mampu menekan rasa lapar dan mencegah keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Jadi, anggapan santan mengakibatkan kegemukan tidak sepenuhnya benar. Santan menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi dengan campuran makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit
Ilustrasi Kulit Sehat Credit: pexels.com/Ximena

Adanya kandungan nutrisi pada santan murni seperti vitamin C, E, B6, dan zat besi berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat santan bisa didapat sebagai pelembap alami, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, santan juga dapat dijadikan sebagai bahan masker.

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tulang Credit: pexels.com/Dominika

Manfaat santan murni selanjutnya mampu menjaga kesehatan tulang. Manfaat santan ini dikarenakan adanya kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung di dalamnya.

Kedua kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk mendapatkan manfaat santan, kamu bisa meminumnya guna menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela