Sukses

Health

Kenali 5 Kandungan Makanan yang Berfungsi Menjaga dan Meningkatkan Imun Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa makanan juga bisa membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh? Makanan tertentu bisa membantu mencegah kamu terkena penyakit tertentu, seperti pilek dan flu.

Di masa pandemi dengan segala hal yang serba tidak menentu seperti saat ini, penting untuk melakukan segala cara untuk menjaga kesehatan, bukan? Dilansir dari verywellhealth.com, berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang berfungsi menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Penasaran?

1. Vitamin C

Vitamin C bertindak sebagai nutrisi yang penting, yaitu antioksidan. Ada beberapa bukti bahwa vitamin C sangat membantu dalam meningkatkan imun tubuh orang-orang yang mengalami stres berat. Untuk meningkatkan asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti jeruk, kiwi, paprika merah, paprika hijau, brokoli, dan stroberi.

 

2. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan kadar vitamin E yang cukup sangat penting untuk menjaga imun tubuh yang sehat, terutama di kalangan orang tua. Untuk meningkatkan asupan vitamin E, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti minyak biji gandum, kacang almond, biji bunga matahari, kacang hazel, dan selai kacang.

3. Seng

Seng adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi sel-sel kekebalan tertentu. National Institutes of Health (NIH) memperingatkan bahwa kadar seng yang sedikit rendah bisa merusak fungsi imun tubuh. Untuk meningkatkan asupan seng, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti tiram, kacang panggang, kacang mete, kismis, dan buncis.

 

4. Karotenoid

Jenis antioksidan lain adalah karotenoid. Karotenoid adalah kelas pigmen yang ditemukan secara alami di sejumlah tanaman.

Saat dikonsumsi, karotenoid diubah menjadi vitamin A, atau nutrisi yang membantu mengatur imun tubuh. Karotenoid lebih baik diserap saat dimasak atau dimakan dengan lemak. Untuk meningkatkan asupan karotenoid, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti wortel, kubis, aprikot, pepaya, mangga, ubi, bayam, dan sawi.

5. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 adalah jenis asam lemak esensial yang dikenal untuk menekan peradangan dan menjaga imun tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa omega 3 bisa melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, seperti penyakit crohn, kolitis ulserativa, dan rheumatoid arthritis. Untuk meningkatkan asupan asam lemak omega 3, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti ikan tuna, salmon, sarden, herring, makarel, trout, kacang kenari, dan biji chia.

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Jangan lewatkan Fimela From Home X Stimuno bersama dengan Firdha Wanda Wijaya, Senior Brand Manager at Stimuno dan Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi & Imunologi Klinik, yang akan diselenggarakan pada 12 Agustus 2021.

Daftarkan langsung diri kamu ke sini secara gratis!

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading