7 Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan

Baiq Nurul Nahdiat20 Agu 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 20 Agu 2021, 08:45 WIB
Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Daripada minum obat dier untuk menurunkan berat badan, sebaiknya lakukan diet secara alami dengan menjaga pola makan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, diet yang dilakukan tidak akan memiliki efek samping apalagi membahayakan kesehatan. Diet bukan berarti tidak boleh makan sama sekali, hanya saja mengatur pola makan dengan baik dan menjaga kandungan nutrisinya. Dilansir dari laman  Healthline, Kamis (19/8/2021) berikut 7 cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Ini bisa dengan rencana makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian atau makanan berserat lainnta yang membuat kenyang lebih lama.

2. Makan protein, lemak, dan sayuran

Setiap makanan Anda harus mencakup sumber protein, sumber lemak, sayuran sebagian kecil karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian. Jadi, tak hanya menurunkan berat badan, makanan denga nutrisi lengkap membuat tubuh jadi sehat.

3. Hindari minuman manis dan jus buah.

Kalori kosong dari gula tidak berguna bagi tubuh dan dapat menghambat penurunan berat badan. Jadi hindari makanan atau minuman manis, sebagai gatinya konsumsilah buah-buahan.

 

4. Olahraga teratur

Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan
Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan. (Ilustrasi/Shutterstock.com/metamorworks)

Olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Dengan mengangkat beban, jogging, atau berjalan-jalan akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

5. Minum air sebelum makan

Satu studi menunjukkan bahwa minum air sebelum makan mengurangi asupan kalori dan mungkin efektif dalam manajemen berat badan.

6. Makan serat larut

Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan
Cara Diet yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan. (ilustrasi/copyright Shutterstock)

Studi menunjukkan bahwa serat larut dapat meningkatkan penurunan berat badan. Suplemen serat seperti glukomanan juga dapat membantu.

7. Makan secara perlahan

Makan dengan cepat dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu, sementara makan perlahan membuat rasa lebih kenyang dan meningkatkan hormon penurun berat badan.

Meski menjalankan diet untuk menurunkan berat bedan, hal yang penting untuk diutamakan ialah kesehatan selama menjalankan diet. Jadi, jangan sampai melakukan diet yang menyiksa tubuh apalagi yang dapat membuat kesehatan menurun.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela