7 Manfaat dan Kandungan Gizi Pakcoy, Cocok untuk Pejuang Diet

Kezia Prasetya Christvidya24 Nov 2022, 13:06 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 13:06 WIB
resep sayur pakcoy

Fimela.com, Jakarta Sayuran hijau adalah makanan yang wajib dikonsumsi. Sayuran memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bahkan sayuran dapat membantu menghindari infeksi-infeksi yang disebabkan oleh virus, kuman atau bakteri.

Salah satu sayuran hijau yang wajib dikonsumsi adalah pakcoy, atau yang memiliki nama lain bok choy. Pakcoy memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Sehingga bermanfaat untuk tubuh dan cocok dikonsumsi para pejuang diet.

Selain bisa diolah menjadi tumisan, pakcoy juga bisa dijus dan dicampur dengan buah-buahan lainnya. Sayuran ini bisa untuk meningkatkan energi harian, menyehatkan tubuh, hingga menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat dan kandungan gizi pakcoy:

Kandungan Gizi Pakcoy

resep
ilustrasi Kandungan Gizi Pakcoy/copyright Shutterstock

Pakcoy adalah sayuran yang bisa dikonsumsi secara mentah. Pakcoy juga bisa diolah menjadi sup, tumisan serta minuman jus sayur. Karena di dalam sayur pakcoy terkandung berbagai macam gizi dan nutrisi yang lengkap.

Dalam 70gram pakcoy, terdapat kandungan gizi berupa karbohidrat sebanyak1,5 gram, lemak 0,1 gram, protein 1,1 gram, serat 0,7 gram, dan kalori 9,1 kkal. Karena pakcoy mengandung gizi tersebut, maka pakcoy sangat cocok dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalankan diet. Karena bisa menahan nafsu makan dan perut tidak mudah lapar.

Kemudian, dalam 170 g pakcoy, terdapat kandungan vitamin C 44,2 gram, vitamin E 0,2 miligram, vitamin K 57,8 mikrogram, vitamin B6 0,3 miligram, folat 69,7 mikrogram, kolin: 20,6 miligram, kalsium 158 miligram, zat besi 1,8 miligram, magnesium 18,7 miligram, fosfor 49,3 miligram, kalium 631 miligram, natrium 57,8 miligram, zinc 0,3 miligram, dan selenium 0,7 mikrogram.

Manfaat Pakcoy

sayuran-kezo
ilustrasi Manfaat Pakcoy/Eva Elijas/pexels

1. Mencegah Kanker

Manfaat mengonsumsi pakcoy yang pertama, yaitu bisa membantu mencegah terserang penyakit kanker. Karena kandungan mineral dan vitamin di dalam pakcoy memiliki senyawa antioksidan, yang melindungi sel di dalam tubuh agar tidak rusak akibat radikal bebas.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi pakcoy juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Karena kandungan kalsium, kalium, vitamin B6 dan folat di dalam pakcoy, bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Untuk itu, pakcoy bisa dikonsumsi bagi orang yang memiliki sakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah indera penglihatan yang harus dijaga kesehatannya, agar tidak terkena penyakit mata dan membantu mempertajam penglihatan. Kandungan vitamin A di dalam pakcoy, sangat berfungsi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena senyawa antioksidannya yang bekerja dengan baik untuk mata.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, yang disebabkan karena infeksi virus, kuman atau bakteri, maka konsumsilah pakcoy secara rutin, yang kaya akan vitamin dan mineral sebagai senyawa antioksidan, untuk menyerang radikal bebas dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Manfaat Pakcoy yang Selanjutnya

sayuran-kezo
ilustrasi Manfaat Pakcoy/laker/pexels

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pakcoy yang selanjutnya, yaitu bisa membantu menurunkan berat badan, karena sayuran ini mengandung serat dan karbohidrat. Kandungan tersebut mampu menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Kandungan lainnya yang terdapat dalam pakcoy juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga perut tidak buncit dan berat badan terkontrol.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Pakcoy juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki kelainan tulang atau osteoporosis. Kandungan kalsium di dalam pakcoy, bisa membantu memadatkan tulang dan menguatkan tulang, agar tidak rapuh atau keropos. Bahkan pakcoy bisa membantu mempercepat masa pertumbuhan anak-anak.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat pakcoy yang terakhir, yaitu membantu menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah, terjaga kelembapannya, terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, dan mencegah kemerahan karena jerawat. Karena pakcoy mengandung senyawa antioksidan dan vitamin, yang berfungsi untuk menyehatkan kulit dan senyawa antiinflamasi yang bisa mencegah peradangan kulit.

Lanjutkan Membaca ↓