Kerja Pakai Transportasi Umum, Dokter Gunawan yang Merawat Deddy Corbuzier Selamatkan Pasien dengan Uangnya Sendiri

Anisha Saktian Putri24 Agu 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2021, 11:00 WIB
Dr. Gunawan.

Fimela.com, Jakarta Deddy Corbuzier baru saja bercerita jika dirinya sempat terinfeksi Covid-19. Berawal tanpa gejela, namun dua pekan setelanya tubuhnya demam tinggi, padahal testnya sudah negatif.

Keadaan kesehatan semakin memburuk karena Deddy Corbuzier mengalami badai sitokin. Pada saat terkena COVID-19, Deddy Corbuzier mengungkap badai sitokin yang memperburuk kondisinya. Bahkan paru-parunya sempat rusak 60 persen akibat badai sitokin COVID-19.

Badai sitokin adalah kondisi respons imun tubuh yang berlebihan, biasanya dipicu oleh infeksi. Sitokin merupakan protein yang mengomunikasikan sinyal-sinyal di tubuh untuk merespons infeksi.

Bahkan ia mengatakan infeksi yang dialami membuat kondisinya kritis hingga hampir meninggal. Namun berkat dokter Gunawan yang merawatnya di rumah sakit, masa kritis tersebut terlewati.

Dalam Podcast Deddy, ia menceritakan jika dokter Gunawan memiliki hati yang mulia yang kerap kali menggunakan uanga sendiri untuk menyelamatkan pasien seperti biaya berobat.

"Ya pernah, saya pernah membelikan obat-obatan yang mahal itu untuk pasien dan pakai uang saya pribadi. Lebih ke masalah moral ya. saya jadi dokter bukan untuk cari uang. Saya jadi dokter untuk menolong orang," kata dokter Gunawan di podcast Deddy Corbuzier, baru-baru ini.

Ditanamkan orangtua sejak kecil

[Fimela] Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Dalam Podcast tersebut, dokter Gunawan bercerita jika bibit kebaikan sudah ditanamkan orangtuanya sejak masa kanak-kanak.

Orangtuanya menasihatinya untuk monolong orang jangan setengah hati. Kata-kata itu membekas hingga kini bagi dokter Gunawan.

“Kalau kamu punya uang, tolong orangnya. Kalau kamu punya satu, kamu kasih setengah, ini orang enggak selamat, ya sudah kamu kasih satu. Tuhan akan mengembalikan satu itu dengan bentuk yang lain, itu yang saya pegang sampai sekarang,” tuturnya.

Maka ia pun tak sungkan untuk membelikan para pasien yang tak mampu membeli obat dengan uangnya sendiri. “Dengan uang saya pribadi. (Kalau enggak dikasih obat itu dia akan) mati. Dengan diberikan, beliau selamat dan kepuasan buat saya. Itu cukup buat saya, melihat saya bisa menyelamatkan pasien-pasien saya,” kata Gunawan.

Dokter Gunawan berangkat kerja pakai moda transportasi umum. Keadaan ini membuat Deddy Corbuzier terpukul, ia pun lantas memberikan sekoper uang dan mobil mewah Toyota dengan harapan, Gunawan tak perlu lagu bersusah-susah naik angkot.

Dr Gunawan lahir di Ponorogo tahun 1981, kini ia praktek di Medistra Medistra Hospital, Jakarta, SPPD.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela