Sukses

Health

Beragam Masalah Kesehatan Organ Intim Wanita dan Cara Mengatasinya Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Feminine Issues atau permasalahan kesehatan pada perempuan terjadi di berbagai usia mulai dari masa kanak-kanak hingga lanjut usia.

Sejak balita, perempuan telah dihadapi dengan risiko-risiko masalah kesehatan organ intim atau reproduksi seperti perlekatan maupun tertutupnya bibir kemaluan. Menginjak masa remaja, perempuan juga sering mengeluhkan rasa nyeri selama haid dan keputihan berulang. Keluhan-keluhan tersebut berlanjut hingga memasuki masa kehamilan sampai masa menopause.

BACA JUGA

Pada masa kehamilan, seorang perempuan sering merasa kesulitan dalam mengontrol frekuensi buang air kecil. Hal ini juga terjadi pada perempuan lansia yang perlu menggunakan popok dalam kegiatan sehari-harinya.

Lantas apakah penyebab masalah kesehatan organ intim wanita dan bagaimana cara mengatasinya?

Dr. Alfa P. Meutia, SpOG(K) Urogin dari Layanan Uroginekologi RSU Bunda Jakarta menyampaikan, diperlukan beragam penanganan terkini untuk feminine issues pada berbagai usia, mulai dari intervensi perilaku, latihan otot, hingga pembedahan.

Contoh paling sederhana yang dapat perempuan lakukan secara mandiri di rumah adalah dengan melakukan Senam Kegel untuk melatih otot dasar panggul.

“Perempuan juga disarankan untuk berkemih secara rutin untuk melatih kandung kemih agar tidak penuh serta melakukan penurunan berat badan yang ideal,” ujar dr. Alfa dalam Media Gathering Layanan Gyn-Rose Clinic di RSU Bunda Jakarta

FemiLift tindakan masalah organ kewanitaan

Bagi feminine issues yang serius, diperlukan pemeriksaan penunjang dan tindakan untuk menuntaskan masalah-masalah tersebut.

Salah satu tindakan yang sering menjadi solusi dari masalah kesehatan pada perempuan adalah FemiLift atau prosedur laser vaginal yang bersifat non-invasif.

Tidak memerlukan rawat inap dan pembedahan, dan cenderung memiliki rasa sakit yang minimal, dimana menggunakan laser CO2 yang menstimulasi produksi kolagen dan elastin.

FemiLift merupakan salah satu prosedur yang tersedia di Layanan Uroginekologi RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading