Sukses

Health

Bukti Penelitian, Rajin Lakukan Ini Tanda Otakmu Cerdas

Fimela.com, Jakarta Orang yang cerdas biasanya memiliki kebiasaan tertentu sehingga membedakannya dengan orang yang kecerdasannya biasa saja. Kebiasaan baik yang mungkin sering dikaitkan dengan kecedasan otak seseorang adalah olahraga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah American College of Sports Medicine menemukan bahwa sering olahraga mampu meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga memori atau kemampuan mengingat sesuatu dengan sangat baik.

Rajin olahraga membuat otak cerdas

Dalam penelitian tersebut, para siswa yang mengikuti eksperimen diminta untuk menghafal serangkaian huruf, kemudian mereka diminta untuk berlari, mengangkat beban, atau duduk dengan tenang. Ternyata hasilnya, kelompok siswa yang berlari mampu menjawab lebih cepat dan akurat saat diuji dibandingkan siswa yang memilih angkat beban dan duduk tenang.

Angkat beban memang merupakan olahraga namun sayangnya kurang bisa memberi kesempatan tubuh untuk mengambil oksigen lebih banyak serta memompa dan mengalirkan darah lebih cepat ke seluruh tubuh terutama ke otak yang membutuhkan oksigen.

Penelitian lain yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America juga menunjukkan bahwa olahraga aerobik seperti berlari mampu membuat otak bagian hippocampus yang berfungsi untuk mengolah memori menjadi lebih aktif.

Jadi jika kamu orang yang suka olahraga, kemungkinan besar juga secara alami kamu memiliki otak yang cerdas, ladies.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading