Sukses

Health

7 Penyebab Bau Mulut yang Harus Disadari dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bau mulut adalah salah satu masalah yang sering dialami semua orang. Bau mulut tidak sedap bisa membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun. Bahkan bau mulut bisa membuat lingkungan menjadi tidak nyaman.

Bau mulut tidak sedap atau halitosis ini sering kali disebabkan karena salah mengonsumsi makanan. Selain itu, bisa juga terjadi karena adanya penumpukan kuman dan bakteri di dalam mulut. Sehingga saat membuka mulut mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat.

Bau mulut tidak sedap ini juga bisa disebabkan dari banyak hal. Bau mulut bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut penyebab bau mulut dan cara mengatasinya:

Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap

1. Mulut Kering

Penyebab bau mulut yang pertama yaitu disebabkan karena kondisi mulut kering. Saat mulut kering, produksi air liur atau saliva berkurang untuk membersihkan mulut. Hal ini menyebabkan kuman dan bakteri mudah sekali berkembang biak di mulut. Kondisi mulut kering ini bisa disebabkan karena tubuh dehidrasi atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

2. Tidur dengan Kondisi Mulut Terbuka

Saat tidur dengan kondisi mulut terbuka, bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sebab. Karena kondisi ini membuat mulut menjadi kering. Saat mulut terbuka pada posisi tidur, juga bisa menyebabkan bernapas melalui mulut dan cenderung membuat sesorang mendengkur.

3. Radang Gusi

Ketika gusi mengalami peradangan dan sering berdarah, biasanya bisa menyebabkan kondisi bau mulut menjadi tidak sedap. Dalam gusi yang meradang itu, terdapat penumpukan bakteri dan kuman yang berkembang biak, lalu menyebabkan infeksi gusi dan mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Diabetes

Bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan karena penyakit diabetes. Kondisi ini menyebabkan ketoasidosis, yang berlanjut meningkatkan produksi metabolisme lemak, dan akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru. Hal ini menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap Selanjutnya

5. Penyakit Hati

Hati atau liver adalah organ tubuh vital, yang berfungsi untuk mengolah racun di dalam tubuh. Jika sistem organ hati tidak berfungsi dengan baik, akan menyebabkan bau mulut tidak sedap. Karena racun yang menyebar dari dalam tubuh ini mengeluarkan gas, yang dikeluarkan dari mulut dan pernapasan.

6. Refluks Asam Lambung Kronis

Kondisi asam lambung bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Karena naiknya asam lambung ini, bisa dicerna oleh mulut. Jika mulut tidak sering dibersihkan, maka akan menimbulkan masalah bau mulut tidak sedap.

7. Radang Tenggorokan

Penyebab bau mulut yang terakhir yaitu karena radang tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering, batuk kering, dan saluran pernapasan terganggu. Radang tenggorokan ini sering kali disebabkan karena infeksi bakteri di dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut adalah kondisi yang bisa disebabkan karena dehidrasi, salah mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau, dan karena tubuh memiliki riwayat penyakit tertentu. Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, sebaiknya rutinlah menggosok gigi di pagi dan malam hari, atau setelah mengonsumsi makanan penyebab bau.

Jika bau mulut disebabkan karena mulut kering dan tubuh dehidrasi, sebaiknya rutinlah mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air. Hindari minuman yang mengandung gula tambahan dan kafein, karena bisa meningkatkan risiko bau mulut.

Bau mulut juga bisa diatasi dengan berkumur menggunakan obat kumur atau air garam, yang berfungsi untuk membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut. Kalau bau mulut tidak sedap terus berlanjut, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menangani kondisi kesehatanmu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading