7 Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Baiq Nurul Nahdiat14 Sep 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 14 Sep 2021, 11:05 WIB
Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Ada banyak pro dan kontra tentang mandi sebelum tidur di malam hari, sehingga sebagian orang memilih untuk mandi pada waktu sore setelah beraktivitas. Namun, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mandi sebelum tidur memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur pun lebih nyenyak. Mau tahu lebih banyak tentang manfaat mandi sebelum tidur? Langsung saja, ini dia 7 manfaat mandi sebelum tidur dilansir dari Healthline.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Ternyata, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Kita disarankan untuk menggunakan air hangat dengan suhu 40-43 derajat celcius. Jadi, kalau kamu tidak bisa tidur di malam hari atau punya masalah gangguan tidur, kamu bisa mencoba tips ini untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa berendam dalam air hangat selama 11 hingga 15 menit sebelum tidur dapat membantu menurunkan tekanan darah mereka sebelum tidur. Sehingga tubuh akan lebih rileks dan tidur juga akan lebih nyenyak.

3. Melepaskan racun

Mandi air hangat bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang kemudian menyebabkan kamu berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri keluar dari dalam tubuhmu.

4. Membantu tidur lebih cepat

Manfaat Mandi Sebelum Tidur
Manfaat Mandi Sebelum Tidur. (ilustrasi/Photo by Teerawit Chankowet/Shutterstock)

Mandi air hangat sebelun tidur akan membantu melancarkan peredaran darah, sehingga membuat tubuh lebih rileks dan membuatmu tidur lebih cepat. Tubuh juga akan terasa lebih nyaman setelah mandi.

5. Melembabkan kulit

Mandi air hangat bisa membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Air dingin juga mampu melembapkan kulit, sehingga menciptakan kulit yang lembut dan lentur. Pilih sabun dan shampo yang sesuai jenis kulit untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

6. Mengurangi stres

Manfaat Mandi Sebelum Tidur
Manfaat Mandi Sebelum Tidur. (Ilustrasi/Shutterstock.com/Mix and Match Studio)

Luangkan waktu sebentar dan rileks untuk melepas lelah. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuhmu. Memanjakan diri dalam ‘ritual’ ini, maka kamu bisa mengusir stres dan menghilangkan sejenak masalah-masalah yang mengganggu pikiran kamu.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menemukan bahwa orang yang lebih sering mandi dengan air dingin dapat mengalami peningkatan kesehatan 29 persen dibanding yang mandi air hangat. Kalau untuk kebutuhan sehari-hari, memang lebih baik kita menggunakan air dingin untuk mandi. Tetapi, sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi di malam hari.

Mandi air hangat memang memiliki kekurangan jika dilakukan terlalu sering, karena akan membuat kulit menjadi kering. Tetapi, air hangat baik digunakan untuk mandi di malam hari karena akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓