Sukses

Health

Olahan Produk Susu Terbaik Tercipta dari Perjalanan From Grass to Glass

Fimela.com, Jakarta Susu yang baik tercipta dari sapi yang diternak secara baik dan benar, mulai dari makanan hingga kondisi sapi-sapi perah tersebut.

Belasan ribu sapi perah berkualitas pun dimiliki FrieslandCampina, salah satu produsen produk-produk berbasis susu terbesar di dunia, yang sudah berdiri 150 tahun lamanya. Sapi perah tersebut bernaung dalam sebuah koperasi, Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A., beranggotakan 16.995 peternak sapi perah tersebar di Belanda, Belgia, dan Jerman.

Kerja keras, dedikasi, dan komitmen selama 150 tahun telah membangun kemampuan dan keahlian FrieslandCampina dalam mengelola seluruh rantai produksi dan menjamin kualitas produk. Setiap tahapan ‘from grass to glass’, yakni sejak susu diperah (dari sapi-sapi terbaik) dan diproduksi di pabrik, hingga distribusinya, dikelola dengan seksama secara mandiri dan dikontrol ketat untuk memastikan konsumenmendapatkan produk-produk berkualitas terbaik.

Corporate Affairs Director PT Frisian FlagIndonesia Andrew F. Saputro mengatakan sejarah FrieslandCampina menunjukkan bahwa cikal bakal perusahaan dimulai dari keinginan peternak yang ingin meningkatkan perannya untuk memperkuat posisi pasar dan memastikan penjualan susu ternaknya.

”Pada tahun 1871 para peternak di Belanda memutuskan untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perahlokal yang selanjutnya menjadi pemilik perusahaan produk berbasis susu terbesar dunia, FrieslandCampina. Tumbuh bersama adalah warisan para pendiri dan kini menjadi identitas dan semangat FrieslandCampina. Anggota koperasi bekerjasama dengan perusahaan untuk menghadirkan produk-produk yang menghadirkan kebaikan susu bagi jutaan konsumen di seluruh dunia,” ujar Andrew dalam perayaan 150 Tahun FrieslandCampina secara virtual.

‘from grass to glass’

FrieslandCampina juga memegang kendali penuh seluruh rantai produksinya yang diterapkan dalam langkah strategis ‘from grass to glass’.

Perusahaan mengelola langsung dan mengontrol kualitas setiaptahap produksi sejak ternak diperah dan menghasilkan susu segar, pemrosesan di pabrik, pengiriman dan pendistribusian, hingga produk dinikmati oleh konsumen. Fondasi utama untukterus memberikan yang terbaik yaitu antara lain:

Warisan: Semangat awal yang lahir pada tahun 1871 dari para peternak sapi untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perah lokal dengan tujuan agar para peternak memiliki kekuatan untuk menjadi pemeran utama di pasar susu segar, dengan membangun kekuatan koperasi ZuivelcoöperatieFrieslandCampina U.A. menjadi pemilik perusahaan, dan membesarkan FrieslandCampina yang kini menjadi salah satu perusahaan susu terbesar di dunia.

Kualitas: Keahlian 150 tahun dalam menghasilkan produk terbaik adalah dengan berpaku dan berpegang teguh pada aturan dan standar kualitas yang ketat dengan mengontrol semua proses dalam rantai produksi sesuai sistem jaminan kualitas Foqus Food Safety & Quality.

Keberlanjutan: Pentingnya menjaga kepercayaan konsumen yang juga menyadari bahwa produk yangbaik adalah berasal dari produsen yang menjalankan praktek bisnis yang berkelanjutan dan senantiasaberkontribusi untuk mencari solusi menjaga bumi bagi generasi sekarang maupun di masa akan datang.

Inovasi: Kecintaan akan susu melahirkan semangat untuk bisa terus berinovasi dalam menyediakan produk – produk bergizi dan bermanfaat yang dibutuhkan dan juga untuk memenuhi selera pasar di berbagai belahan dunia. FrieslandCampina memiliki 635 ilmuwan dari 18 negara yang berdedikasimemecahkan tantangan pangan global melalui nutrisi berkelanjutan dan memiliki 2 pusat Penelitian dan Pengembangan yang berlokasi di kampus Wageningen University di Belanda dan Science Park di Singapura.

Plant Manager PT. Frisian Flag Indonesia Aryono Bambang Ardhyo mengatakan perjalanan FrieslandCampina 150 tahun membawa warisan bagi peternak dan koperasi susu perah Indonesia. Salah satunya adalah program pemberdayaan peternak Indonesia melalui Dairy Development Program (DDP) yang dilaksanakan oleh FFI.

Di Indonesia kami menerapkan standar kualitas denganmenerapkan standarisasi kualitas pada proses produksi, kemasan, dan distribusi, berdasarkan sistem FoqusFood Safety & Quality.

Keberlanjutan juga menjadi fokus utama dalam menerapkan program-program keberlanjutan termasuk juga di dua fasilitas produksi FrieslandCampina di Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi manusia, peternak, dan bumi.

Adapun inovasi menjadi dasar dari strategi, tujuan, dan rencana, yang dibangun FFI untuk terus meningkatkan pengetahuan dan menguak berbagai kebaikan dan manfaat nutrisi dalam susu.

"Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan cara pengolahanmakanan yang aman dan mendukung pemenuhan kebutuhan pangan dunia,” ujar Aryono.

Dalam hal keberlanjutan FrieslandCampina menuangkan komitmennya dalam prinsip Nourishing a BetterPlanet dengan menjaga hubungan yang seimbang antara peternak, lingkungan, dan konsumen.

Strategi produksi yang seimbang dan mempertimbangkan kelestarian alam dipercaya akan memberikan manfaatyang berkelanjutan bagi peternak dan konsumen.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading