Sukses

Health

Mencegah Stress, Ini Dia 5 Tips Belajar Daring yang Efektif

Fimela.com, Jakarta Pandemi covid-19 di seluruh dunia membuat semua kegiatan harus dilakukan di rumah. Semua sektor khususnya sektor pendidikan terkena dampak dari adanya pandemi covid-19 ini. Demi mencegah adanya penyebaran virus covid-19, kegiatan pendidikan di Indonesia mengubah metode belajar mengajar di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh (daring). Dengan adanya perubahan ini mengharuskan pelajar atau mahasiswa untuk beradaptasi terhadap metode baru ini.

Tentunya tidak mudah bagi pelajar atau mahasiswa untuk beradaptasi terhadap metode belajar daring ini. Dampak yang sering kali dialami oleh pelajar atau mahasiswa saat melakukan pembelajaran via daring yaitu munculnya masalah kesehatan mental seperti stress pada pelajar atau mahasiswa. Demi mencegah munculnya stress pada pelajar atau mahasiswa perlu adanya cara untuk mengatasinya. Berikut 5 tips belajar daring yang efektif buat kamu agar tidak stress!

1. Manajemen Waktu

Dalam mengatur manajemen waktu, kamu harus membuat jadwal untuk kegiatan belajarmu. Buatlah jadwal seefektif mungkin yang mana kamu harus mengetahui kapan harus belajar dan kapan kamu harus istirahat. Jangan membiasakan diri untuk memforsir otak dan tenaga saat belajar. Usahakan jika waktunya istirahat jauhkan diri dari layar laptop.

2. Membuat Suasana Belajar Menjadi Nyaman

3. Meluangkan Waktu Untuk Bersantai

Disaat melakukan pembelajaran daring, bersantai atau refreshing wajib banget lho! Usahakan kamu memberikan jeda waktu untuk bersantai karena duduk didepan laptop terus menerus bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Lakukanlah kegiatan sesuai mood mu untuk bersantai seperti mendengarkan musik, olahraga, dan lain-lain.

4. Self Reward Untuk Diri Sendiri

Memberikan self reward untuk diri sendiri dapat membuat kamu semangat dalam menjalani kegiatan belajar daring lho! Sahabat Fimela bisa membeli makanan yang disukai atau hanya sekedar menonton film. Wajib banget nih kasih self reward ke diri kamu sendiri!

5. Tidur yang Cukup

Terakhir, tips ini sangatlah penting untuk kesehatanmu. Tidur yang cukup dapat membuat tekanan darahmu menjadi lebih stabil yang mana secara tidak langsung dapat mengurangi level stressmu. Sebisa mungkin aturlah jadwal tidur agar tidurmu teratur dan janganlah perbanyak begadang karena tidak baik untuk kesehatanmu.

Itu dia 5 tips belajar daring yang efektif untuk mencegah stress. Kalau Sahabat Fimela punya tips apa nih supaya ga gampang stress saat belajar daring?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading