5 Cara Sehat Meredakan Stres tanpa Harus Keluar Rumah

Endah Wijayanti19 Sep 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2021, 09:15 WIB
tips sebelum yoga

Fimela.com, Jakarta Rasa bosan dan jenuh bisa memicu stres. Belum lagi jika punya rutinitas yang padat,  biasanya kita rentan mengalami stres. Ada banyak cara yang bisa dicoba dan dilakukan untuk meredakan stres.

Bagi yang belum bisa keluar rumah, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan stres. Dengan cara-cara yang lebih sehat bahkan sederhana, kita bisa meredakan stres. Setidaknya kita bisa lebih bersemangat dalam menjalani keseharian.

1. Melakukan Meditasi 

Luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi. Sebuah artikel dalam Journal of Clinical Medicine, 2018, melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional, seperti tai chi, yoga, dan qigong, efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, dan Depresi. Gerakan meditasi bisa dipilih untuk meredakan stres dan menenangkan diri. Meditasi adalah proses kebiasaan melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran. Meditasi dapat membantu merilekskan tubuh, melepaskan keteganggan dan menempatkan diri dalam keadaan damai sehingga lebih mudah untuk tertidur.

2. Jadwalkan Tidur yang Cukup

Kapan terakhir kali kamu mendapat tidur yang cukup dan berkualitas? Untuk menghindari kelelahan, kita butuh istirahat. Saat tidur pun bukan sebatas berbaring di tempat tidur begitu saja. Melainkan mengondisikan diri untuk istirahat total dengan mematikan semua gawai sebelum tidur dan tidur di kamar yang gelap.

3. Menikmati Minuman yang Dapat Merilekskan Tubuh dan Pikiran

minum teh hijau
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ada jenis minuman tertentu yang diyakin bisa bantu redakan stres. Meluangkan waktu sejenak untuk menikmati minuman ini bisa bantu merilekskan tubuh dan pikiranmu. Segelas susu hangat, cokelat hangat, teh herbal, hingga jus yang kaya vitamin C bisa jadi pilihan yang tepat. 

4. Meluangkan Waktu untuk Menyendiri

Sesekali perlu juga beristirahat dengan menyepi sejenak. Saat kita meluangkan waktu menikmati kesendirian biasanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang kita butuhkan. Kita melakukan hal-hal yang memang kita butuhkan tanpa harus membuang energi untuk hal lain yang sedang tidak benar-benar kita inginkan. Ketika merasa stres, maka tinggal cari waktu untuk menyendiri.

5. Beres-Beres Rumah

Aktivitas bersih-bersih atau beres-beres bisa bantu redakan stres. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Wah, sungguh sebuah penelitian yang menarik, ya. Bisa nih langsung dicoba.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu redakan stres di rumah. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela