Sukses

Health

7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Kulit kering dan mengelupas bisa terjadi dibagian tubuh mana saja. Salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami pengelupasan adalah kulit tangan, terutama pada bagian ujung jari. Kondisi kulit tangan mengelupas ini bisa mengganggu penampilan dan tidak nyaman.

Kulit tangan mudah mengelupas, karena tangan adalah bagian tubuh yang sering kali mengalami gesekan, setelah memegang atau menyentuh berbagai macam benda. Kondisi ini disebut juga dengan desquamation, yang secara alami terjadi selama 2 minggu tanpa disadari akibat keratinosit terkelupas.

Kulit tangan mengelupas disebabkan karena berbagai macam faktor, dan dapat dicegah atau diatasi dengan produk perawatan kulit. Yuk kenali penyebab kulit tangan mengelupas dan cara mencegahnya:

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

1. Sering Mencuci Tangan

Penyebab kulit tangan mengelupas yang pertama, yaitu disebabkan karena terlalu sering mencuci tangan dengan sabun. Sebenarnya mencuci tangan sangat wajib dilakukan, untuk menghilangkan kuman, bakteri atau virus yang menempel di area tangan. Tapi saat mencuci tangan, usahakan untuk menggunakan sabun tangan yang aman untuk kulit. Karena kandungan sabun bisa membuat kulit kering dan menghilangkan minyak alami yang terdapat pada lapisan kulit.

2. Menggunakan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia untuk tangan seperti disinfektan atau hand sanitizer, bisa membuat kulit tangan jadi mengelupas. Karena produk tersebut memiliki kandungan alkohol, yang ampuh untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri. Penggunaan sampo, sabun, atau produk kecantikan yang mengandung bahan kimia juga bisa membuat kulit tangan mengelupas.

3. Sering Terpapar Sinar Matahari

Kulit tangan juga rentan terkena paparan sinar matahari, sehingga membuat kulit tangan mudah mengelupas dan mengalami hiperpigemntasi kulit. Sinar UVA dan UVB bisa merusak dan membakar lapisan kulit tangan. Jadi lindungilah tanganmu, agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4. Alergi

Kalau kamu memiliki alergi khusus, biasanya kulit tangan akan mudah mengelupas dan kering. Contohnya alergi karena memegang benda berbahan karet atau bulu, sehingga membuat kulit tangan merah, gatal, lalu melepuh dan mengelupas.

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas yang Selanjutnya

5. Kekurangan Vitamin B3

Kulit tangan mengelupas bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B3 atau niacin. Kalau tubuh kekurangan vitamin B3, bisa menyebabkan penyakit dermatitis dan diare. Penyakit dermatitis adalah penyakit yang menyerang kulit, sehingga menyebabkan kulit ruam dan mengelupas. Sedangkan diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan, tetapi bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan kekurangan cairan, sehingga kulit menjadi kering.

6. Eksim Tangan

Eksim adalah gangguan yang dialami kulit, dengan gejala kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah. Eksim sangat mudah menyerang tangan, karena tangan adalah bagian tubuh yang sering memegang sesuatu. Eksis bisa disebabkan karena tangan menyentuh bahan atau zat kimia berbahaya, sehingga menyebabkan risiko kulit tangan mengelupas.

7. Kulit Dehidrasi

Penyebab kulit tangan mengelupas yang terakhir, yaitu disebabkan karena kulit dehidrasi atau kekurangan cairan. Seiring bertambahnya usia, cairan di dalam tubuh akan semakin berkurang, sehingga membuat kelembapan kulit berkurang, dan mengakibatkan kulit kering dan pecah-pecah.

Cara Mencegah Kulit Tangan Mengelupas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit tangan mengelupas. Seperti mengoleskan hand cream atau krim pelembap untuk tangan, yang bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit setelah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Hand cream biasanya memiliki kandungan vitamin E, glycerin, emollient, shea butter, dan natural oil yang ampuh melembapkan kulit.

Kamu juga bisa menggunakan tabir surya minimal SPF 30, untuk melindungi kulit tangan dari paparan sinar matahari. Tabir surya ini bisa diulangi pemakaiannya setiap 6 jam sekali, agar lebih optimal untuk melindungi kulit tangan.

Jika memiliki alergi khusus pada tangan, usahakan untuk periksa dan konsultasi pada dokter, agar segera diberikan obat atau salep yang tepat untuk mengatasi alergi kulitmu. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin, dan makan sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral, untuk menghidrasi tubuh dan memperbaiki lapisan kulit dari dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading