5 Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Baiq Nurul Nahdiat25 Sep 2021, 08:35 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 08:35 WIB
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsimsi saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Saat menstruasi, kondisi paling umum yang dirasakan perempuan ialah perut kembung atau kram. Tak jarang ini sangat menganggu sehingga butuh lebih banyak perawatan saat menstruasi, seperti menggunakan bantal air hangat, minum pereda nyeri atau beberapa gerakan fisik untuk membantu meredakan nyeri.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi saat menstruasi, karena beberapa makanan justru dapat memperparah nyeri perut bahkan sakit kepala saat menstruasi.

Seperti yang dilansir dari Healthline, berikut ini 5 bahan makanan yang sebaiknya dikurangi saat menstruasi.

1. Garam

Mengonsumsi banyak garam menyebabkan retensi air, yang dapat menyebabkan kembunh dan rasa tak nyaman di perut. Jadi, selama haid, hindari konsumsi terlalu banyak menggunakan garam atau olahan makanan yang mengandung banyak garam.

2. Gula

Makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan lonjakan energi, yang dapat menyebabkan cemas selama haid dan memperburuk suasana hati. Kamu perlu meenghindari makanan dessert atau minuman yang terlalu manis selama haid.

3. Kopi

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsimsi saat Menstruasi
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsimsi saat Menstruasi. (Ilustrasi/pexels.com/Dominika)

Kafein dapat menyebabkan retensi airm kembung dan sakit kepala. Kopi juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Kalau kamu terbiasa minum kopi, kamu bisa minum secangkir sehari dan perbanyak air putih.

4. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare, mual dan kembung. Sehingga kurang dianjurkan untuk dikonsumsi selama haid karena bisa memperparan sindrom pramenstruasi.

5. Daging merah

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsimsi saat Menstruasi
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsimsi saat Menstruasi. (Ilustrasi/unsplash.com/@joseignaciopompe

Selama haid, tubuh menghasilkan prostaglandin. Senyawa ini membantu rahim berkontraksi dan memperlancar keluarnya darah. Namun, kadar prostaglandin yang tinggi menyebabkan kram. Daging merahtinggi zat besi, tetapi juga tinggi prostaglandin, jadi sebaiknya dihindari saat menstruasi.

Beberapa makanan yang disebutjan di atas bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali selama haid, tapi porsinya bisa dikurangi Dan sebaiknya lebih banyak konsumsi makanan dan minuman sehat lainnya, seperti buah, sayur dan air putih.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela