Sukses

Health

7 Kebiasaan Buruk yang Membawa Manfaat bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar dari kita pasti punya kebiasaan buruk yang gemar kita lakukan. Bahkan, kita terkadang mencoba megubah kebiasaan tersebut, namun ternyata tidak mudah untuk menghilangkannya. Kebiasaan buruk seperti makan sambil tidur atau tidak suka mencuci tangan sebelu makan adalah kebiasaan yang merugikan kesehatan.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata membawa manfaat bagi tubuh dan keduoan sehari-hari kita. Mau tahu apa saja kebiasaan tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Makan permen karet

Punya kebiasaan mengunyah permen karet mungkin terlihat tidak terlalu bagus bagi sebagian orang. Padahal, dalam buku Senescence and Senescence-Related Disorders, mencatat bahwa mengunyah permen karet sebelum melakukan tugas kognitif dapat meningkatkan kadar oksigen darah yang berfungsu dalam pembelajaran dan memori, mengunyah permen karet juga dapat menghilangkan stres.

2. Gelisah

Perasaan antara bimbang dan khawatir ini membuat kita tak enak tidur, makan atau beraktivitas. Namun, sejumlah penelitian yang dilakukan oleh ahli obesitas James Levine di Mayo Clinic telah menunjukkan bahwa saat gelisah, kita membakar sekitar 350 kkal sehari. Karena glisah mempercepat metabolisme dengan merangsang neurokimia dalam tubuh, yang meningkatkan kemampuan untuk mengubah lemak menjadi energi.

3. Kentut

Kentut sering dianggap sebagai hal yang kurang sopan, jadi kita cenderung menahannya. Namun tahukan kamu bahwa saat kentut, tubuh mampu meredakan nyeri dan kembung di perut. Sebaliknya, jika kamu menahannya, maka usus menjadi sensitif dan mengakibatkan luka.

4. Menggigit kuku

Saat kita masih kecil, orangtua pasti akan menegur jika kita melakukan hal ini. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa menggigiti kuku merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Diyakini bahwa kuman yang masuk ke mulut saat menggigit kuku mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meludah

Walaupun terlihat menjijikkan, namun kebiasaan ini sebenarnya baik untuk kesehatan. Meludah akan membantumu untuk bernapas lebih mudah karena meludah akan menyingkirkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokanmu.

6. Melamun

Melamun dianggap sebagai kebiasaan buruk karena sering dianggap sebagai tanda kemalasan. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa "jaringan eksekutif" di otak kita sangat aktif ketika kita melamun. Sebuah studi oleh Kalina Christoff menemukan bahwa melamun dapat membantu kita memecahkan masalah karena kita jadi tidak terlalu kaku saat berpikir.

7. Menggertakan jari

Beberapa orang menganggap bahwa menggertakkan jari-jari tangan dapat membahayakan. Namun ternyata kebiasaan buruk ini justru dapat meningkatkan tingkat fleksibilitas pada sendi.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang ternyata dapat memberi kita manfaat. Apakah kamu juga punya kebiasaan buruk tersebut?

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading