5 Penyebab Pencemaran Udara Beserta Solusinya yang Perlu Diketahui

Imelda Rahma27 Sep 2021, 11:43 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 11:59 WIB
Pencemaran Udara

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali penyebab pencemaran udara yang selama ini kerap diabaikan. Padahal pencemaran udara ini memiliki dampak cukup signifikan bagi kehidupan dan lingkungan. Mulai dari memperburuk kualitas udara dan mengganggu kesehatan.

Menurut para ahli, pencemaran udara merupakan kondisi ketika komposisi udara sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia. Dampak buruknya adalah pada atmosfer bumi. Maka dari itu penting mengetahui Penyebab Pencemaran Udara agar pencegahan bisa lebih dini dilakukan. 

Kebanyakan penyebab pencemaran udara berkaitan dengan aktivitas manusia. Mulai dari penggunaan kendaraan bermotor, listrik, pertanian, rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu tetap ada penyebab pencemaran udara yang dipengaruhi alam, seperti erupsi gunung berapi.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com akan mengulas 5 penyebab pencemaran udara beserta solusinya yang perlu diketahui. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli

Pencemaran Udara
Ilustrasi Pencemaran Udara Credit: pexels.com/Vitaly

 

Wisnu Arya

Pencemaran udara merupakan berbagai campuran dari berbagai macam gas yang tidak tetap sehingga gas-gas tersebut mengganggu kehidupan.

Dalam hal ini udara juga adalah atmosfer yang berada di sekeliling bumi yang fungsinya sangat penting bagi mahluk hidup.

Parker

Pencemaran udara adalah suatu perubahan atmosfer karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan ke dalam atmosfer tersebut.

Mukono

Pencemaran udara sebagai bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat di deteksi oleh manusia (yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.

Wardhana

Pencemaran udara yaitu adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan terjadinya perubahan susunan komposisi udara dari susunan atau keadaan normalnya.

Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No.KEP-03/MENKLH/II/1991

Pencemaran udara ialah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Seinfeld dan Pandis

Pencemaran udara merupakan sebuah kondisi atmosfer ketika suatu substansi konsentrasi pencemar melebihi batas konsentrasi udara ambien normal yang menyebabkan dampak terukur pada manusia, hewan tumbuhan dan material.

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1407 tahun 2002 tentang Pedoman Pengendalian Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia.

Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara

Pencemaran udara sebagai masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 Tentang Pencemaran Lingkungan

Pencemaran udara yaitu sebuah pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran yang berasal dari pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran sampah, sisa pertanian, dan peristiwa alam seperti kebakaran hutan, letusan gunung api yang mengeluarkan debu, gas, dan awan panas.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran Udara
Ilustrasi Penyebab Pencemaran Udara Credit: pexels.com/Josh

Penambangan

Penambangan termasuk penyebab pencemaran udara yang masih sering diabaikan. Padahal penambangan dilakukan dengan mengekstraksi mineral di bawah bumi dengan alat besar. Ketika proses ini terjadi, biasanya debu dan bahan-bahan kimia akan dilepaskan di udara.

Hal inilah yang menyebabkan pencemaran udara. Jika prosesnya dilakukan secara besar-besaran, maka pencemaran udaranya juga bisa terjadi demikian besarnya. Tak heran jika banyak pekerja pertambangan yang memiliki masalah dengan pernapasannya.

Pertanian

Proses pembakaran lahan adalah penyebab pencemaran udara di bidang pertanian. Jika dilakukan dengan kadar yang tepat memang akan sangat bermanfaat bagi pertanian. Hal ini tidak berlaku jika pembakaran dilakukan besar-besaran sampai tak terkontrol.

Apalagi kegiatan pertanian erat kaitannya dengan amonia. Amonia adalah salah satu gas paling berbahaya bagi atmosfer. Belum lagi ketika banyak petani yang menggunakan pupuk kimia. Sudah pasti kegiatan pembakaran lahan menjadi sangat berbahaya dilakukan.

Listrik

Penggunaan listrik berlebihan adalah bagian dari penyebab pencemaran udara. Hal ini disebabkan karena produksi listrik di Indonesia masih mengandalkan batu bara. Ketika listrik diproduksi, maka limbah batu bara akan dilepaskan ke udara persis seperti pabrik-pabrik pada umumnya.

Pembakaran pembakit listrik terjadi secara tidak sempurna dan menyebabkan diluapkannya gas-gas berbahaya. Mulai dari gas sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon dioksida, dan partikulat. Gas-gas inilah yang nantinya akan menyebabkan pemanasan global dan membahayakan lingkungan.

Kendarakan Bermotor

Penggunaan kendarakan bermotor merupakan penyebab pencemaran udara yang paling utama mengingat penggunanya terus meningkat. Apalagi di wilayah perkotaan. Hal inilah yang menjadikan perkotaan memiliki indeks udara lebih buruk daripada daerah pedesaan.

Suasana kota kerap identik dengan banyaknya kendaraan bermotor yang lalu lalang. Asap kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar bagi penyebab pencemaran udara. Kondisi ini persis seperti yang terjadi di ibu kota Indonesia, yakni kota Jakarta.

Asap Rokok

Banyak perokok yang acuh dengan asapnya. Meski asap rokok tidak sebanyak asap kendaraan bermotor, tetapi sudah layak disebut pencemaran. Apalagi asap rokok mengandung zat yang membahayakan pernapasan siapa saja yang menghirupnya.

Hal inilah yang menjadikan banyak orang tidak merokok tetapi mengalami masalah kesehatan seperti perokok aktif. Masalah kesehatan ini dipengaruhi asap rokok. Untuk bisa mengatasi masalah ini, pastikan merokok di tempat khusus bukan di tempat umum. Pencemaran udara bisa ditekan dengan metode merokok yang demikian.

Solusi Pencemaran Udara

Solusi Pencemaran Udara
Ilustrasi Solusi Pencemaran Udara Credit: pexels.com/Kaiquea

Jalan Kaki dan Bersepeda

Beraktivitas dengan jalan kaki atau bersepeda merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi efek buruk pencemaran udara. Hal ini dikarenakan polusi udara banyak yang berasal dari asap kendaraan bermotor.

Asap kendaraan bermotor mengandung sulfur dioksida yang merupakan 1 dari 6 polutan penyebab pencemaran udara. Oleh sebab itu, dengan beraktivitas berjalan kaki atau bersepeda, Anda akan membantu mengurangi efek buruk pencemaran udara.

Berhenti Merokok Salah satu penyebab pencemaran udara yaitu asap rokok. Gas residu dari asap rokok tidak hanya mencemari udara, tetapi juga dapat menempel di sekitar Anda. Oleh sebab itu, lebih baik hentikan kebiasaan merokok agar udara sekitar Anda tidak tercemar.

Menanam

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek buruk pencemaran udara yaitu dengan menanam tanaman penangkal polusi. Selain bermanfaat untuk menangkal polusi, dengan menanam tanaman, maka lingkungan sekitar Anda akan lebih sejuk dan asri.

Anda dapat memanfaatkan tanaman-tanaman seperti krisan, dracaena, lidah buaya, bambu, lidah mertua, lili, sirih gading, sri rejeki, pakis dan spider plant.

Tanaman-tanaman tersebut dapat menyaring zat berbahaya dari polusi melalui pori-porinya. Tentu saja tanaman-tanaman tersebut sangat membantu dalam menangkal polusi di udara.

Tidak Membakar Sampah

Kebiasaan membakar sampah dapat menyebabkan pencemaran udara sekitar. Beberapa orang melakukan pembakaran sampah karena dinilai dapat menghilangkan tumpukan sampah dengan cepat. Tetapi kebiasaan tersebut dapat memicu pencemaran udara.

Hal ini dikarenakan menurut US Environmental Protection Agency, karbon monoksida dan formaldehilda yang merupakan dua zat utama hasil pembakaran paling banyak memicu polusi. Tak hanya itu, kedua zat tersebut juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan.

Hemat Listrik

Beberapa orang mungkin belum mengetahui mengapa menghemat listrik dapat membantu mengurangi pencemaran udara. Hal ini dikarenakan, untuk menghasilkan tenaga listrik, setiap pembangkit membutuhkan bahan bakar minyak atau batu bara.

Proses tersebut kemudian berdampak pada pelepasan ozon dan sulfur dioksida di permukaan tanah, menguap dan kemudian mencemari udara. Oleh sebab itu, kurangi pemakaian listrik sebagai langkah mengurangi pencemaran udara.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela