6 Cara untuk Memulai Diet bagi Pemula

Vania Al kautsar28 Sep 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 14:45 WIB
Diet untuk pemula

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita merasakan gagal memulai diet, namun tahukah Sahabat Fimela bahwa diet sukses juga tidak hanya diukur berdasarkan seberapa cepat berat badan turun. Namun bagaimana cara untuk membuat berat badan stabil?

Perlu diingat bahwa melakukan diet bukan hanya menurunkan berat badan. Kamu dapat memulai pola hidup sehat. Nah, seperti apa tips untuk memulai diet? Berikut tips untuk memulai diet untuk pemula.

1. Jangan Lupakan Sarapan

Siapa disini yang berfikir bahwa diet adalah dengan tidak sarapan? No, justru ketika kita sedang melakukan diet jangan pernah untuk melewatkan sarapan. Dengan melewatkan sarapan tidak akan membantu kita untuk mengurangi berat badan. Kita dapat kehilangan nutrisi yang pentig dan mungkin akan membuat kita mengemil sepanjang hari karena kelaparan tidak sarapan.

 

 

2. Makanlah dengan Teratur

Cara Diet Menyenangkan dengan Berbagai Makanan Sehat yang Tepat
Pilihan makanan sehat yang bikin diet jadi menyenangkan (M Kitchen)

Selain sarapan kalian juga harus makan teratur, seperti makan siang. Saat di siang hari dapat membantu membakar kalori lebih cepat dari biasanya. Hal ini juga dapat mengurangi mengemil makanan yang tinggi lemak dan gula.

Kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, dibandingkan dengan mengemil makanan yang mengandung lemak atau gula lebih baik menggantinya dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang akan kaya dengan serat seperti, kacang-kacangan, pisang, roti gandum dan nasi merah. Dengan begitu kamu tidak akan merasakan lapar yang berlebihan.

3.  Mencoba untuk Produktif

Setiap hari jika kamu melakukan aktivitas didalam ataupun diluar ruangan dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan dapat mempertahankan berat badan. Selain melakukan aktivitas setiap hari untuk mencoba untuk lebih produktif, ternyata olahraga juga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat kamu hilangkan melalui diet lho.

4. Olahraga Secara Rutin

perempuan olahraga skipping
Ilustrasi/Shutterstock.com/Odua Images

Berbagai macam olahraga, seperti jogging, bersepeda, angkat beban dan berenang. Olahraga tersebut sangat direkomendasikan untuk kalian yang sedang melakukan diet. Karena jiika kamu berolahraga akan meningkatkan metabolism dalam tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Sahabat Fimela juga harus memperhatikan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik dan dapat dilakukan secara rutin. Dan dapat menjaga berat badan tetap ideal serta membantu menurunkan berat badan, disarankan melakakukan olahraga 30 menit setiap hari atau 5 kali dalam seminggu.

5. Hindari Makanan Siap Saji

makan pizza
Ilustrasi/Shutterstock.com/JOKE_PHATRAPONg

Makan siap saji memang selalu menarik perhatian. Apalagi makanan siap saji menghadirkan berbagai menu yang tentunya lezat. Namun tahukah kalian bahwa makanan siap saji atau biasa dikenal sebagai junk food ini umumnya memiliki kalori yang tinggi, kolesterol, dan garam serta rendah nutrisi.

Jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji yang berlebihan akan meningkatkan berat badan serta membuat tubuh tidak sehat. Serta mengkonsumsi siap saji yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes, kolesterol serta penyakit jantung.

Oleh karena itu jika kamu ingin mencoba diet, mulailah mengurangi makanan junk food. Hal ini dapat membantu tubuhmu terhindar dari penyakit serta dapat menjaga kesehatan tubuh. Mulailah mengganti menu junk food dengan mengkonsumsi makana sehat yang mengandung nutrisi.

6. Mencoba untuk Memakan Makanan Pendukung Diet

Kulit Sehat serta Awet Muda dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Harinya
5 makanan ini dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga tampak awet muda (pexels.com/Trang Doan)

Apa itu makanan pendukung diet? Banyak infromasi memberikan menu-menu diet untuk dicoba. Perlu diketahui selain melakukan olahraga, kamu juga harus menyeimbanginya dengan makanan pendukung diet. Ingat, jangan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dan gula lho. Makan pendukung diet seperti :

  • Sayuran hijau
  • Kentang. Mencoba untuk Memakan Pendukung Diet
  • Buah atau Salad Buah
  • Salad Sayur
  • Ubi

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan yang akan kaya dengan serat, vitamin serta mineral. Hal ini juga dapat membantu kesuksesan program diet yang sedang Sahabat Fimela jalani. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela