Sukses

Health

Tips Menghilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Siapa yang punya permasalahan bau kaki? Pasti setiap orang mempunyai permasalahan tersebut. Kadang kamu suka merasa risih jika mencium aroma tidak sedap dari kaki atau sepatumu. Bau kaki disebabkan oleh keringat kaki, bisa juga karena kutu air dan jempol kaki. Maka dari itu banyak cara untuk menghilangkan bau kaki dengan cepat setelah pakai sepatu. Yuk intip tips untuk menghilangkan bau kaki secara permanen!

1. Kaos kaki dengan bahan wol atau katun

Pilihlah kaos kaki yang 100% berbahan wol atau katun untuk dapat menyerap keringat. Kaos kaki dengan bahan sintetis akan memberikan ruang nafas yang lebih sedikit. Jika kaki kamu mengeluarkan keringat secara berlebih, gantilah kaos kakis secara berkali atau setiap hari. Karena keringat yang bercampur dengan sel mati biasanya menempel pada kaos kaki. Jika dibiarkan bukan hanya aroma bau yang muncul namun juga penyakit yang muncul seperti infeksi jamur, kuku rapuh, dan timbul mata ikan.

2. Pemilihan sepatu yang benar

Pilihlah sepatu dengan ventilasi baik serta hindari sepatu yang berbahan karet atau jelly. Dikarenakan dua model sepatu tersebut susah sekali untuk menyerap keringat. Jika kamu adalah tipe orang yang suka bekerja diluar, setidaknya mempunyai minimal 2 sepatu agar kamu bisa memakai sepatu secara bergantian agar meminimalisir aroma bau.

3. Gunakan pewangi kaki dan sepatu

Aroma kaki atau sepatu akan lebih segar jika kamu menggunakan pewangi. Pewangi ada 2 macam yaitu untuk sepatu dan untuk disemprotkan langsung ke kakimu. Biasanya wanginya cenderung mengeluarkan aroma mint yang segar sehingga aromanya tidak akan tercampur dengan aroma kakimu. Kamu bisa membeli berbagai pewangi kaki atau sepatu di marketplace dengan merek apapun.

4. Eksfoliasi kaki

Tidak hanya wajah saja yang harus di eksfoliasi, tetapi kaki juga perlu di eksfoliasi. Selain membuat kulit menjadi lembut, eksfoliasi juga dapat mencegah munculnya aroma tak sedap pada kaki. Sebab kulit tempat bakteri hidup akan dikikis dan dibersihkan. Kamu dapat melakukan eksfoliasi kulit 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Eksfoliasi bisa dilakukand dengan menggunakan scrub, sikat, batu kapur, dan alat elektronik lainny

5. Merendam kaki

Selain melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu bisa merendam kaki agar terhindar dari bau. Kamu bisa merendam kaki dengan menggunakan garam. Merendam kaki ini bisa kamu lakukan setelah eksfoliasi atau dengan waktu yang berbeda. Kamu bisa mencampurkan garam dengan air hangat yang sudah di tuang dalam bak, setelah itu aduk dan rendam kakimu selama 10-20 menit lalu keringkan kakimu.

Itu dia beberapa tips untuk menghilangkan bau kaki secara permanen. Untuk kamu yang mempunyai permasahan bau kaki bisa banget nih di coba tipsnya!

Diitulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading