Sukses

Health

Kamu Patut Bahagia, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Meski tak pernah menginginkan kejadian buruk menimpa kehidupan, bagaimana pun orang harus menjalaninya dan bertahan. Karena setiap kejadin buruk itu selalu bisa memberikan efek buruk pada kesehatan jiwa, maka sudah sepatutnya setiap orang perlu tahu bagaimaa cara menjaga kesehatan jiwa.

Ini sekian hal yang perlu kamu tahu agar tetap bahagia.

1. Ceritakan perasaanmu

Tahukah kamu betapa powerful kekuatan sharing kepada orang lain yang kamu percayai? Menceritakan perasaan akan membuatmu merasa lebih ringan, lega dan bahkan memiliki pikiran lebih positif menghadapi kesulitan hidup meskipun orang yang kamu ajak bicara tak bisa membantu menyelesaikan atau menemukan solusi.

2. Tetap aktif

Tetap aktif dengan olahraga atau memiliki kegiatan juga menjadi cara terbaik mengalihkan pikiran dari perasaan yang membuatmu sedih. Semakin nganggur kamu, semakin parah perasaan buruk itu kamu rasakan. Jadi sebisa mungkin tetap aktif, olahraga atau melakukan banyak pekerjaan rumah yang membuatmu tidak fokus memikirkan kesedihan atau kemalangan yang menimpamu.

3. Makan yang baik

Makan yang baik dan sehat juga menjadi kunci menjaga jiwa yang sehat. Ketika kesehatan jiwamu tak baik, ditambah kesehatan tubuh yang buruk karena kurang nutrisi, akan mudah membuatmu jatuh sakit, bahkan ketika semua orang di sekelilingmu sehat dan baik-baik saja.

4. Keep in touch

Jangan lupa juga untuk keep in touch, atau tetap terhubung dengan banyak orang, interaksi sosial sangat penting dalam menjaga kesehatan jiwamu. Jika menutup diri, menyendiri atau melakukan apa pun sendirian, maka dirimu akan mudah merasa kesepian, dan penelitian membuktikan bahwa terlalu lama sendirian dan kesepian rentan membuatmu depresi dan bahkan memangkas usia.

5. Istirahat

Istirahat yang cukup, bukan hanya tidur malam hari yang cukup tapi juga mengambil cuti jika diperlukan kapan pun kamu merasa tak tahan menghadapi hidupmu. Take a break, berhentilah untuk menata hati dan mengatur napasmu agar lebih tenang.

6. Lakukan keahlianmu

Lebih seringlah melakukan apa pun yang kamu kuasai dengan baik dan paling kamu sukai. Jika kamu punya hobi atau kegiatan yang membuatmu merasa bangga atas dirimu sendiri karena orang lain belum tentu bisa melakukannya, maka lakukan itu lebih sering. Akan selalu ada rasa menghargai diri sendiri dan percaya diri ketika kamu melakukan apa yang kamu cintai.

Itu dia sekian hal yang bisa kamu lakukan demi menjaga kesehatan jiwamu.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading