5 Alasan Kamu Suka Menangis Tanpa Sebab Menurut Ahli

Nabila Mecadinisa13 Okt 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 13 Okt 2021, 16:30 WIB
Ilustrasi menangis

Fimela.com, Jakarta Menangis adalah bentuk pelepasan emosi yang dirasakan. Senang ataupun sedih, setiap orang bisa mengeluarkan emosi tersebut dalam bentuk menangis. Tapi, adakah diantara kamu yang suka menangis tanpa sebab? Saat berkendara lalu tiba-tiba menangis, atau bisa juga dalam kesempatan tak terduga lainnya dan air mata menetes begitu saja?

Dikutip dari Shape.com, ternyata ada sejumlah alasan mengapa kamu suka menangis tanpa sebab. Penasaran apa? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Hormon

Hari-hari menuju menstruasi tentu rasanya seperti rollercoaster. Emosi yang naik turun tidak terkendali disebabkan oleh kadar estrogen dan progesteron yang juga tak seimbang. Hal ini tentu mempengaruhi mood, dan juga bisa memicu rasa gelisah yang berlebih. Ahli menyebutkan jika hal ini juga menyebabkan seseorang mudah menangis tanpa sebab yang jelas.

2. Deprsesi

perempuan menangis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Basicdog

Di saat rasa sedih datang maka akan memberi signal pada emosi. Hal ini bisa menyebabkan Depresi. Atau bisa juga depresi yang tak terdeteksi memberikan signal pada emosi sehingga membuat rasa sedih mendalam dan menangis tanpa sebab. Hal ini juga bisa terjadi jika tubuh lelah dan kehilangan hasrat pada sesuatu yang kita sukai. 

3. Stres berlebih

Stres tentu sulit dihindari. Terutama pada situasi tak menentu seperti saat ini. Tapi, apakah kamu menyadari tentang perasaan tersebut? Oleh sebab itu, kadang stres yang tidak disadari bisa menimbulkan rasa yang mendalam. Sedih yang kita rasa tidak ada sebabnya, sehingga bisa menangis secara tiba-tiba. 

 

4. Cemas

Menangis tanpa sebab
Alasan menangis tanpa sebab /Shutterstock.com/PRPicturesProduction

Sering panik di banyak kesempatan? Kecemasan berlebih tersebut biasanya akan memompa detak jantung, membuat perut terasa tidak nyaman, dan banyak hal lainnya. Hal ini tentu bisa menyebabkan kamu menangis. Jadi, pastikan kamu untuk lebih bisa mengendalikan rasa cemas tersebut agar tidak menimbulkan efek berkelanjutan.

5. Kelelahan

Pekerjaan menumpuk saat anak-anak sedang sekolah di rumah, serta kamu harus menyelesaikan pekerjaan kantor dan rumah tangga. Hal ini tentu tidak menyenangkan dan menguras energi. Fisik yang lelah juga berpengaruh pada kesehatan jiwa. Di saat kelelahan, kamu bisa saja menangis tiba-tiba. Walau terkadang rasanya tubuh kuat menghadapi ini semua, namun nyatanya, dari dalam diri kamu merasa tidak sanggup dan butuh rehat. 

Jadi, pastikanlah untuk menjalani hidup dengan seimbang, sehingga kamu bisa menikmati dan menjalani hidup dengan baik, menjaga kesehatan jiwa dan raga, sehingga kesehatan mental senantiasa terjaga dengan baik. 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela