Sukses

Health

5 Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Mungkin sudah banyak tahu bahwa menjaga kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tetapi, kita sering melakukan kebiasaan buruk yang membuat kesehatan mental kita memburuk, misalnya dengan berbicara negatif pada diri sendiri, membandingkan diri dengan orang lain, tidak memaafkan diri sendiri, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya dibutuhkan hal-hal sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Mau tahu? Ini dia ulasannya.

1. Banyak tidur

Orang dewasa harus tidur sedekat mungkin dengan 8 jam per malam. Meskipun tubuh setiap individu berbeda, tidur sangat penting untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Walau terlihat kecil tapi istirahat akan membuat moodmu jauh lebih baik.

2. Lakukan hal yang membuatmu bahagia

Menikmati hal-hal kecil mungkin tampak klise tetapi penting untuk kepuasan pribadimu. Cobalah berjalan-jalan di pagi hari, bertemu keluarga atau liburan. Hal sederhana yang membuatmu bahagia akan membuat suasana hatimu juga bahagia.

3. Tuliskan perasaanmu

Menulis tentang emosi atau perasaanmu dapat membantu mengurangi stres dan beban pikiran terutama saat kamu telah mengalami masalah yang berat. Apalagi saat banyak masalah kita cendering menghindari orang lain. Jadi, saat kamu hendak tidur, tuliskan apa yang kamu rasakan dalam sebuah buku. Maka saat kamu bangun, perasaanmu akan lebih baik.

4. Menonton sesuatu yang lucu

Tertawa juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa stres, karena saat kita tertawa tubuh akan melepaskan hormon dopamin, salah satu hormon yang membuat kita merasa bahagia. Kamu bisa menonton sesuatu yang lucu untuk meningkatkan suasana hatimu agar merasa lebih bergairah.

5. Perbanyak beribadah dan berdoa

Apakah kamu pernah memikirkan mengapa setelah kita beribadah atau berdoa, hati kita menjadi tenang dan sangat nyaman? Ini karena saat kita beribadah tubuh melepaskan hormon kebahagiaan yang disebut dengan serotonin. Jadi, saat kamu sedang sedih atau sedang banyak masalah, perbanyaklah beribadah dan berdoa agar perasaanmu diberikan kenyamanan.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan mental kita. Baik kesehatan mental maupun kesehatan fisik harus dipenuhi dengan seimbang agar kehidupan kita juga seimbang.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading