Sukses

Health

8 Masalah Kesehatan Akibat Mengonsumsi Garam Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Garam menjadi salah satu bumbu masak yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari. Jika makanan disajikan tanpa garam, maka akan terasa hambar dan kurang enak. Rasa asin dari garam juga menjadi penyedap makanan yang paling disukai banyak orang. Selain untuk penambah rasa, garam juga mengandung peran penting bagi kesehatan seseorang.

Sebagian besar orang sangat menyukai makanan asin sehingga cenderung menambahkan garam terlalu banyak. Namun yang sering terjadi jika mengonsumsi garam berlebihan, hal tersebut dapat membahayakan bagi kesehatan.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan kandungan rasa asin dan tinggi garam mampu menimbulkan sejumlah hal berbahaya pada kesehatan tubuh. Penelitian juga menemukan otak merespon zat sodium dalam garam sama seperti zat nikotin hingga dapat menimbulkan efek kecanduan. Berikut 8 masalah kesehatan akibat mengonsumsi garam berlebihan yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (6/10/2021).

1. Menyebabkan Kanker Perut

Di dalamnya, garam mempunyai kandungan nitrat yang sangat tinggi. Ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak garam, maka dapat membuat iritasi pada lapisan lambung yang mampu menyebabkan mag bahkan kanker perut.

2. Merusak Ginjal

Garam dapat mempengaruhi kerja ginjal. Artinya, garam mampu membuat ginjal bekerja sangat keras dalam menyaring serta retensi air akibat garam dapat melemahkan pembuluh darah di ginjal. Jangan anggap remeh, hal tersebut dapat berujung pada gagal ginjal.

3. Menurunkan Kerja Otak

Terdapat penelitian yang mengungkap bahwa garam yang terlalu berlebihan dalam tubuh bisa mempengaruhi kerja otak serta kemampuan kognitif seseorang. Jika terjadi, secara perlahan seseorang bisa mengalami demensia.

4. Melemahkan Kekuatan Tulang

Mengonsumsi garam yang terlalu berlebihan juga dapat melemahkan tulang seseroang. Hal tersebut terjadi akibat garam merampas kalsium dalam tulang dan menyebabkan osteoporosis.

5. Memperburuk Gula Darah

Garam yang dikonsumsi dalam jumlah banyak sangat berbahaya terutama bagi seseorang yang menderita diabetes. Pasalnya, garam yang berlebih dalam tubuh bisa mempengaruhi kadar gula darah secara drastis.

6. Meningkatkan Tekanan Darah

Makanan tinggi garam juga bisa membuat tekanan darah seseorang meningkat. Lantaran, tubuh membutuhkan air dengan jumlah banyak agar bisa mencernanya sehingga mempengaruhi volume darah dan membuat tekanannya meningkat.

7. Menyebabkan Stroke

Seperti yang telah disebutkan, mengonsumsi garam bisa menimbulkan tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, secara otomatis seseorang bisa mengidap penyakit stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

8. Menyebabkan Obesitas

Garam yang dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan tubuh menjadi bengkak alias obesitas. Pasalnya, garam juga dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh seseorang.

Sesungguhnya, garam dapat menjadi sehat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Namun Sahabat Fimela harus ingat, jika garam dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menyebabkan hal buruk dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading